Breaking News:

Berita Sidoarjo

Pemkab Sidoarjo Genjot Program Pelatihan Kerja di Masing-masing Kecamatan guna Tekan Pengangguran

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor membuka pelatihan ketrampilan kerja di Kecamatan Sukodono, Senin (8/3/2021).

surya.co.id/m taufik
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor membuka pelatihan ketrampilan kerja di Kecamatan Sukodono, Senin (8/3/2021). 

SURYA.co.id | SIDOARJO – Pemkab Sidoarjo terus menggelar pelatihan ketrampilan kerja di masing-masing kecamatan.

Melalui program ini, diharapkan bisa tercipta peluang-peluang kerja baru yang ujungnya dapat menekan angka pengangguran di Kota Delta.

Kali ini, pelatihan ketrampilan kerja yang digelar DInas Tenaga Kerja (Disnaker) Sidoarjo giliran digelar di Kecamatan Sukodono dan Kecamatan Krembung.

Seperti sebelumnya, ada pelatihan Barista, SPA Refleksiologi, dan beberapa ketrampilan kerja lain untuk warga setempat.

Kegiatan dipusatkan di masing-masing kantor kecamatan.

Di Kecamatan Sukodono, acara dibuka langsung oleh Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor, sedangkan di Kecamatan Krembung dihadiri oleh Wakil Bupati Subandi.

Gus Muhdlor, panggilan Ahmad Muhdlor, berharap peserta benar-benar serius mengikuti pelatihan ini. Jangan sampai berhenti ditengah-tengah pelatihan.

“Anggaran yang dikucurkan untuk kegiatan pelatihan seperti ini cukup besar. Sehingga harus dimanfaatkan sebaik-baiknya agar uang negara tidak terbuang sia-sia. Dan ini bukan untuk siapa-siapa, ini untuk warga peserta pelatihan,” kata Muhdlor.

Gus Muhdlor mengaku akan mengawal pelaksanaan program pelatihan ini. Dirinya akan melihat keseriusan peserta pelatihan di setiap kecamatan. Apabila didapati peserta pelatihan yang putus pelatihan ditengah jalan, dipastikan pelatihan semacam ini tidak akan dilakukan lagi di kecamatan tersebut.

"Saya akan kawal data ini, kecamatan mana yang sering pretel dan bolos, nanti ada tindak lanjut, kecamatan itu tidak akan mendapatkan pelatihan seperti ini lagi," tegasnya.

Pihaknya juga akan mengevaluasi program pelatihan ini. Apabila dinilai bagus, Pemkab Sidoarjo akan menyiapkan bantuan peralatan kerja bagi peserta pelatihan. Dengan bantuan tersebut diharapkan nantinya peserta pelatihan dapat membuka usaha sendiri.

Asisten Tata Pemerintahan dan Kesra Setda Sidoarjo, Muhammad Ainur Rahman, yang juga hadir di kegiatan tersebut menyampaikan bahwa tujuan pelatihan ketrampilan kerja semacam ini untuk memberikan bekal dan kemampuan kompetensi masyarakat Sidoarjo.

Diharapkan, melalui kegiatan seperti ini akan mampu membuka lapangan usaha baru. Peserta yang sudah punya skil kemudian memanfaatkan kemampuannya untuk membuka usaha sendiri, semacam UMKM.

“Dari sana kemudian akan tercipta lapangan pekerjaan baru, dan ujungnya bisa mengurangi angka pengangguran di Sidoarjo,” ujarnya.

Penulis: M Taufik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved