Breaking News:

Advertorial

DPR Desak Kementerian Kesehatan Cairkan Insentif Nakes Secepatnya

Insentif untuk tenaga kesehatan sudah dianggarkan dan seharusnya pemerintah segera membayarkan insentif tersebut.

Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa
Wakil Ketua Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Nihayatul Wafiroh 

SURYA.CO.ID, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Nihayatul Wafiroh meminta kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar segera membayarkan insentif tenaga kesehatan.

Dirinya pun menegaskan, insentif untuk tenaga kesehatan sudah dianggarkan dan seharusnya pemerintah segera membayarkan insentif tersebut.

“Pemerintah harus segera membayar insentif Nakes seluruhnya. Baik di pusat maupun di daerah. Semuanya. Dan segera. Jangan ditunda. Ini hak Nakes. Anggaran juga sudah diketok. Jadi nunggu apalagi,” tegas Anggota DPR RI dari Fraksi PKB ini dalam keterangannya kemarin.

Nihayah menyatakan hal tersebut karena menemukan fakta di lapangan masih banyaknya Nakes yang belum juga mendapatkan insentif.

Bahkan, ia menemukan ada Nakes yang hanya mendapat insentif dua bulan pertama pada awal pandemi.

“Sudah seringkali kita ingatkan Kemenkes. Dari bicara langsung saat rapat, maupun saat obrolan santai. Dari yang serius, sampek nyindir-nyindir, sudah kami katakan dan tegaskan. Segera berikan. Kalau ada masalah, katakan masalahnya dimana dan kita cari solusinya,” terang anggota DPR RI dari Dapil Jatim III ini.

Dalam kesepakatan rapat antara Kementerian Kesehatan dengan Komisi IX DPR RI, sesungguhnya insetif bagi tenaga medis telah dianggarkan dalam APBN, dan dinyatakan seluruh tenaga kesehatan yang menangani Covid-19 akan mendapat insentif.

Besaran insentif yang telah dianggarkan yaitu, untuk dokter spesialis ditetapkan sebesar Rp 15 juta dan bagi dokter umum atau dokter gigi Rp 10 juta.

Sementara insentif bagi bidan atau perawat diberikan Rp 7,5 juta dan tenaga medis lainnya Rp 5 juta.

Anggaran tersebut, sudah disepakati sejak awal pandemi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved