Breaking News:

Danone-AQUA Ajak Peserta Virtual Tour Amati Pengelolaan Sampah mulai Pengumpulan hingga Pemanfaatan

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Danone-AQUA menggelar kunjungan virtual (virtual tour).

SURYA.co.id | SURABAYA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Danone-AQUA menggelar kunjungan virtual (virtual tour).

Kunjungan itu dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang mengusung tema bertema “Sampah Sebagai Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi”,  Selasa (2/3/2021) lalu.

Kegiatan itu untuk memberi pengalaman langsung kepada publik tentang pengelolaan sampah plastik dalam kerangka Gerakan #BijakBerplastik oleh Danone-AQUA yang telah diluncurkan sejak 2018 lalu.

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Rosa Vivien Ratnawati, mengatakan momen HPSN merupakan langkah penting untuk menggerakkan kolaborasi Ekonomi Sirkular menuju Indonesia Bersih 2025.

"Dalam rangka mencapai target strategis untuk mengurangi sampah 30 persen dan menangani sampah 70 persen pada tahun 2025, maka Pemerintah tidak bisa sendiri," ungkap Rosa, dalam rilisnya Minggu (7/3/2021).

Keterlibatan Pemerintah Daerah, dunia usaha, LSM, komunitas, organisasi keagamaan, pelajar dan mahasiswa, organisasi perempuan, serta masyarakat luas sangatlah dibutuhkan.

Dengan sinergitas pengelolaan sampah yang komprehensif, terintegrasi dari hulu ke hilir, pihaknya yakin akan mampu membangun pengelolaan yang baik dan berkelanjutan guna mencapai target-target tersebut.

Dalam kesempatan yang sama Danone-AQUA melakukan penandatanganan kerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta terkait pengembangan Bank Sampah Induk.

“Saya mengajak produsen yang lain untuk mengikuti langkah yang telah dilakukan oleh Danone-AQUA sebagai langkah konkrit dari komitmen dan tanggung jawab untuk membantu Pemerintah dalam memberikan solusi yang efektif dan berkelanjutan untuk menghadapi persoalan-persoalan sampah yang kian menantang di masa depan," ungkap Rosa.

Dalam acara virtual tour, peserta diajak untuk lebih memahami proses pengelolaan sampah kemasan paska konsumsi secara detail mulai pengumpulan dan pemilahan di skala rumah tangga. 

Halaman
123
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved