Breaking News:

Berita Surabaya

Pemkot Surabaya Sebut PPKM Mikro Sukses Turunkan Angka Positif Covid-19, Siap Jika Diperpanjang

Eri mengungkapkan, bila ke depannya PPKM Mikro ini diperpanjang, maka Pemkot Surabaya menyatakan sudah siap.

SURYA.CO.ID/Bobby Constantine Koloway
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi saat meninjau donor plasma konvalesen, Sabtu (6/3/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menyebut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro yang ada di Surabaya sukses menurunkan jumlah kasus positif Covid-19 di kota Surabaya. Ini jika dibandingkan dengan angka sebelum pelaksanaan PPKM Mikro.

"Alhamdulilah dari PPKM Mikro yang sudah dijalankan ada penurunan, dari PPKM Mikro pertama sampai PPKM yang kedua ada penurunan 500-an," kata Eri di Surabaya, Sabtu (6/3/2021).

Eri mengungkapkan, bila ke depannya PPKM Mikro ini diperpanjang, maka Pemkot Surabaya menyatakan sudah siap.

"Pemkot bertekad, meskipun pandemi tapi ekonomi harus tetep berjalan dan prokes juga harus diperketat maksud saya," tegasnya.

Sekalipun demikian, Pemkot Surabaya masih menunggu penjelasan lebih lanjut dari pemerintah provinsi.

"Kami tunggu arahan dari Gubernur, karena kami satu garis (Pemda, Provinsi, Pusat) kalau perintahnya apa, ya kami jalankan," sambungnya.

Eri Cahyadi juga meminta masyarakat tetap memperketat protokol kesehatan agar ekonomi tetap bisa berjalan. Ia berharap bila masyarakat ikut menjadi bagian pelaksanaannya.

Wakil Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Surabaya, Irvan Widyanto menjelaskan hal senada. Sekalipun kasus virus Corona di Kota Pahlawan selama PPKM Mikro masih fluktuatif, namun cenderung menurun.

"Untuk sementara fluktuatif tapi memiliki kecenderungan menurun," kata Irvan dikonfirmasi di Surabaya, Sabtu (6/3/2021).

Misalnya dari zonasi penyebaran Covid-19 (Instruksi Mendagri). Dari total 9.175 RT yang dievaluasi, Zona hijau di Surabaya bertambah dari yang awalnya 8.950 RT di awal pelaksanaan PPKM Mikro (9 Februari) menjadi 8.979 RT menjadi zona hijau di 1 Maret.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved