Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Pembangunan Pelabuhan Pesisir Jatim Tunggu Penyelesaian Jalur Lintas Selatan

Pemprov Jatim berencana untuk membangun sebanyak empat pelabuhan di kawasan pesisir selatan Jawa Timur. Namun baru satu saja yang telah dibangun.

SURYA.CO.ID/Sofyan Arif Candra Sakti
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Nyono. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) berencana untuk membangun sebanyak empat pelabuhan di kawasan pesisir selatan Jawa Timur. Namun dari empat itu, baru satu saja yang telah dibangun.

Sisanya, sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Nyono pada Jumat (5/3/2021), kemungkinan baru akan dikerjakan di tahun mendatang.

Lebih lanjut, pelabuhan pesisir yang telah dibangun adalah pelabuhan Prigi di Kabupaten Trenggalek. Sedangkan yang tertunda berlokasi di Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, dan di Sendang Biru Kabupaten Malang.

"Realisasinya yang belum dibangun, masih menunggu pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS) tuntas. Saat ini, proyek JLS masih tersisa sekitar 137 kilometer yang belum selesai. Sesuai kontrak, IDB (Islamic development bank) memberi pembiayaan setiap tahun untuk 50 kilometer," tegas Nyono.

Jika dikalkulasi maka perkiraan JLS baru akan tuntas dua hingga tiga tahun lagi.

Meski begitu, Nyono menegaskan bahwa tiga pelabuhan yang belum terealisasi itu hingga kini masih berprogres. Ketiganya itu sudah selesai tahap Detail engineering design (DED).

Sebenarnya, pemprov bisa saja merealiasikan pembangunan pelabuhan itu tahun ini. Bahkan ditegaskan Nyono bahwaa Pemprov juga sanggup memberi subsidi pengoperasian pelabuhan tersebut.

Akan tetapi, Pemprov Jatim masih harus mempertimbangkan aspek permintaan pasar terhadap layanan pelabuhan itu.

Saat ini, permintaan terhadap layanan pelabuhan di wilayah tersebut masih lemah. Penyebabnya, akses menuju wilayah selatan belum mendukung.

"Karena itu, pemprov sengaja menunda sambil menunggu pembangunan JLS selesai. JLS akan menjadi akses utama sehingga permintaan meningkat," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved