Breaking News:

UPDATE 6 Laskar FPI Tewas Jadi Tersangka, Bareskrim Hentikan Kasus dan 3 Polisi Jadi Terlapor

Berikut update status 6 Laskar FPI tewas jadi tersangka dugaan penyerangan terhadap anggota polisi yang bertugas mengintai Rizieq Shihab.

Editor: Iksan Fauzi
Kolase Tribunnews/Herudin/Mabes Polri
Keluarga dari 6 Laskar FPI pengawal Habib Rizieq yang tewas didampingi pengacara mendatangi Komnas HAM, di Jakarta Pusat, Senin (21/12/2020). Kedatangan mereka untuk menyerahkan bukti yang dikumpulkan FPI atas kasus penembakan 6 laskar di Km 50 Tol Jakarta-Cikampek. Foto Kanan : Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono. 

SURYA.co.id | JAKARTA - Berikut update status 6 Laskar FPI tewas jadi tersangka dugaan penyerangan terhadap anggota polisi yang bertugas mengintai Rizieq Shihab alias Habib Rizieq

Mereka tewas setelah bentrok dengan anggota polisi di Tol Cikampek Km 50, Karawang, Jawa Barat pada 7 Desember 2020 dini hari.

Seperti dipaparkan oleh Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian, pihaknya segera melimpahkan berkas perkara kasus penyerangan 6 Laskar FPI kepada Kejaksaan.

Namun, keputusan penetapan tersangka itu dipastikan dianulir oleh Bareskrim Polri. 

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan, Bareskrim Polri menghentikan penyidikan kasus penyerangan 6 Laskar FPI kepada polisi. 

Di Luar Dugaan, Bareskrim Tetapkan 6 Laskar FPI Tewas Tersangka Penyerangan Terhadap Polisi di Tol

Dengan begitu, seluruh penyidikan perkara tersebut dan status tersangka pada 6 Laskar FPI tersebut sudah tidak berlaku di mata hukum.

Gedung Bareskrim Mabes Polri. Foto kanan : Keluarga dari 6 Laskar FPI pengawal Habib Rizieq yang tewas didampingi pengacara mendatangi Komnas HAM, di Jakarta Pusat, Senin (21/12/2020). Kedatangan mereka untuk menyerahkan bukti yang dikumpulkan FPI atas kasus penembakan 6 laskar di Km 50 Tol Jakarta-Cikampek.
Gedung Bareskrim Mabes Polri. Foto kanan : Keluarga dari 6 Laskar FPI pengawal Habib Rizieq yang tewas didampingi pengacara mendatangi Komnas HAM, di Jakarta Pusat, Senin (21/12/2020). Kedatangan mereka untuk menyerahkan bukti yang dikumpulkan FPI atas kasus penembakan 6 laskar di Km 50 Tol Jakarta-Cikampek. (Tribunnews/IRWAN RISMAWAN/Herudin)

Argo Yuwono menjelaskan penghentian kasus ini sebagaimana tertuang dalam Pasal 109 KUHP karena tersangka sudah meninggal dunia.

"Kasus penyerangan di Tol Jakarta-Cikampek dihentikan. Dengan begitu, penyidikan serta status tersangka sudah gugur," kata Argo dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis (4/3/2021).

Di sisi lain, terkait dengan kasus ini, kata Argo, aparat kepolisian sudah menerbitkan Laporan Polisi (LP) soal dugaan adanya Unlawful Killing di kasus penyerangan Laskar FPI tersebut.

Saat ini, Argo menyebutkan ada tiga polisi dari jajaran Polda Metro Jaya yang sudah berstatus terlapor.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved