Breaking News:

Pemprov Jatim

Gubernur Khofifah Tinjau Uji Coba Tanam Padi Varietas Unggul di Ponorogo, ini Beberapa Keunggulannya

Di Desa Semanding Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo tengah dikembangkan padi varietas unggul.

surya.co.id/fatimatuz zahro
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko meninjau progres uji coba tanam kelima padi varietas unggul KIP di Desa Semanding Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo, Kamis (4/3/2021). 

SURYA.CO.ID, PONOROGO - Di Desa Semanding Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo tengah dikembangkan padi varietas unggul.

Padi ini dinamakan padi Kreatifitas Insan Petani (KIP).

Padi varietas unggul itu memiliki beberapa keistimewaan.

Mulai dari batang dan akarnya lebih kokoh, dan memiliki produktivitas lebih banyak.

Per hektar, padi varietas KIP ini bisa menghasilkan 16 ton saat panen.

Sore ini, Kamis (4/3/2021), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko bersama Wakilnya Lisdyarita meninjau progres uji coba tanam kelima padi varietas unggul KIP di desa tersebut.

Gubernur Khofifah bersama Bupati Sugiri meninjau langsung dua lahan sawah. Satu petak ditanami padi varietas biasa dan satu petak yang lain adalah sawah yang ditanami variestas unggul KIP.

Secara kasat mata, padi varietas unggul KIP memiliki tinggi batang tanaman yang lebih tinggi. Jumlah malai padi nya juga lebih banyak dan lebih berat.

"Ini sudah tanam kelima, selama empat kali tanam sebelumnya hasilnya baik. Jika hasil tanamnya terus baik dan membuktikan produktivitasnya baik, maka sangat bisa untuk ditanam di daerah lain di Jatim," tegas Khofifah.

Sebab padi umumnya produktivitasnya sekitar 14 ton per hektar. Namun dengan varietas unggul ini bisa menghasilkan 16 ton per hektar. Untuk itu Khofifah menyambutnya optimis bahwa padi ini bisa meningkatkan produktivitas Jawa Timur.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved