Breaking News:

Berita Lamongan

Lamongan Zona Kuning, Masyarakat Tetap Diminta Taati Protokol Kesehatan

Berdasarkan peta zonasi risiko pekan ini, perkembangan kasus penyebaran Covid-19 di Lamongan terjadi perubahan yang cukup signifikan.

SURYA.CO.ID/Hanif Manshuri
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lamongan, dr Taufik Hidayat. 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Berdasarkan peta zonasi risiko pekan ini, perkembangan kasus penyebaran Covid-19 di Lamongan terjadi perubahan yang cukup signifikan. Dari zona oranye atau risiko sedang, kini zona kuning atau resiko rendah.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lamongan, dr Taufik Hidayat mengakui, jika saat ini Lamongan sudah masuk ke zona kuning atau zona resiko rendah penyebaran Covid-19.

"Kasus aktif Covid-19 di Lamongan sudah tinggal 20 kasus dan Bed Occupancy Rate (BOR) di Lamongan juga sudah 19 persen, " kata dr Taufik, Rabu (3/3/2021).

Itu artinya, Lamongan sekarang sudah masuk zona kuning. Meskipun zona kuning, masyarakat di Lamongan diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus Corona.

Selain karena ketaatan warga dan kesadaran terhadap aturan protokol kesehatan, lanjut Taufik, PPKM Mikro yang diterapkan di Lamongan juga dianggap menjadi faktor utama menurunnya angka penyebaran virus Corona di Lamongan.

Sejak penerapan PPKM Mikro, terang Taufik, kasus Covid-19 di Lamongan terus mengalami penurunan. Itu salah satunya. Makanya setiap kali ada orang yang positif Covid-19 di tingkat RT, langsung dilakukan penelusuran terhadap orang-orang yang dahulunya pernah melakukan kontak langsung dengan pasien.

Data yang dihimpun, sejak awal Februari kasus Covid-19 di Lamongan terus mengalami penurunan.

Tanggal 1 - 7 Februari terdapat 87 pasien aktif Covid-19 dan terus menurun, hingga saat ini tinggal 20 pasien aktif.

Hal yang sama juga terjadi untuk kasus terkonfirmasi Covid-19 yang juga mengalami penurunan.

Pada awal Februari ada sebanyak 46 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan saat ini turun menjadi 40 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved