Breaking News:

Berita Lamongan

Gaungkan Ajakan Membeli Produk Lokal, Bupati Lamongan Ajak Kadin Bangkitkan UMKM

Ada sejumlah program yang mulai disusun Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi agar bisa bergerak cepat untuk pemulihan dan penyelamatan UMKM

surya/hanif manshuri
Bupati Yuhronur Efendi menunjukkan produk UMKM dalam Muskab Kadin (Musyawarah Kabupaten Kamar Dagang dan Industri Indonesia) Kabupaten Lamongan di Grand Mahkota Hotel, Rabu (3/3/2021). 

SURYA.CO.ID,LAMONGAN - Dampak Covid-19 sangat terasa pada pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah(UMKM) di Lamongan. Sehingga wajar bila kemudian dorongan untuk kembali membangkitkan kekuatan UMKM menjadi sangat penting di tengah pandemi yang telah melumpuhkan sektor perekonomian.

Ada sejumlah program yang mulai disusun Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi agar bisa bergerak cepat untuk pemulihan dan penyelamatan UMKM. Ia mengakui bahwa sektor ekonomi riil seperti UMKM adalah penyangga utama ekonomi daerah.

“Saya fokus pada 100 hari kerja pertama. Dari beberapa program yang telah dicanangkan salah satu fokus utama yakni kebangkitan UMKM, "kata Bupati Yuhronur Efendi dalam acara Muskab Kadin (Musyawarah Kabupaten Kamar Dagang dan Industri Indonesia) Kabupaten Lamongan di Grand Mahkota Hotel, Rabu (3/3/2021).

Diungkapkan, akibat Pandemi Covid-19 banyak pelaku UMKM yang tidak dapat berproduksi. Dan ketika tetap berproduksi, para pelaku UMKM kesulitan menjualanya.

Karena itu Yuhronur memakai cara unik dengan mencanangkan slogan “Ayo Beli Produk Lamongan” untuk menggairahkan kembali pertumbuhan ekonomi mulai level terbawah.

“Ayo beli produk Lamongan, apakah itu tuku (beli) peyek, tuku tape, gethuk, beli tas anyaman yang penting produk lokal. Mereka (penjual) sangat senang," katanya.

Yuhronur menilai bahwa kehadiran Kadin sebagai mitra dagang, bisa ikut menggerakkan geliat ekonomi lokal. Sehingga terwujudnya sinergitas bersama pemerintah daerah dalam mendorong kesejahteraan masyarakat Lamongan.

Yuhronur menjelaskan pentingnya konsistensi dalam menjaga kesinambungan untuk bisa menuju kejayaan ekonomi daerah.

Selain fokus pada membangkitkan UMKM, percepatan penanganan infrastruktur menjadi salah satu perhatian selama 100 hari pertama kepemimpinan Bupati Yuhronur Efendi bersama Wabup KH Abdul Rouf.

Salah satunya pembenahan infrastruktur jalan akibat banjir agar kegiatan perekonomian dapat berkembang dengan baik. "Infrastruktur ini tidak hanya perbaikan jalan rusak, tetapi juga infrastruktur lainnya termasuk drainase dan pertanian. Dan tentunya penanggulangan banjir sendiri," tegasnya.

Yuhronur juga menyoroti pelayanan pendidikan, di mana perlu dilakukan evaluasi kualitas pendidikan agar tidak terjadi penurunan semangat belajar para siswa selama di rumah.

Sedangkan untuk kesehatan, ia mengharapkan bisa mewujudkan pelayanan kesehatan yang murah dan mudah menyentuh masyarakat paling bawah. ***

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved