Breaking News:

Biodata Soedirman Kolonel yang Kalahkan Jenderal di Pemilihan Panglima, Pertama Kali di Sejarah TNI

Soedirman, kolonel yang kalahkan Jenderal di pemilihan Panglima. Pertama kali dalam sejarah TNI. Berikut profil dan biodatanya

intisari
Jenderal Soedirman, Kolonel yang Kalahkan Jenderal pada saat Pemilihan Panglima. Profil dan biodatanya ada di artikel ini 

Penulis: Putra Dewangga Candra Seta | Editor: Musahadah

SURYA.co.id - Inilah profil dan biodata Soedirman, kolonel yang kalahkan Jenderal di pemilihan Panglima.

Melansir dari soeharto.co, kisah Jenderal Soedirman terpilih menjadi Panglima meski saat itu masih berpangkat kolonel, tertuang dalam buku 'Pak Harto dari Mayor ke Jenderal Besar' karangan Noor Johan.

Kisahnya berawal saat Supriyadi, yang saat itu ditetapkan menjadi panglima TKR (sekarang TNI) oleh Presiden Soekarno, tidak pernah muncul.

Baca juga: Biodata Falen Mariar Mantan Pemain AC Milan Junior yang Kini Jadi Anak Buah Jenderal Andika Perkasa

Baca juga: Fakta Sebenarnya KKB Papua Tuduh TNI-Polri Tembak Remaja 17 Tahun, Terungkap Sosok Asli Korban

Selaku Kepala Staf Umum TKR, Jenderal Oerip Soemoehardjo menggelar Konferensi Tentara Keamanan Rakyat di Markas Besar Tentara di Yogyakarta pada 12 November 1945.

Pada awalnya konferensi ini ditujukan untuk konsolidasi Komandan Divisi dan Komandan Resimen yang sudah terbentuk, namun kemudian muncul dari peserta konferensi kehendak untuk memilih Panglima TKR yang kemudian disebut dengan Panglima Besar.

Dalam pemilihan itu yang menjadi kandidat diantaranya adalah Soedirman dan Oerip.

Dalam pemilihan Panglima Besar, para Panglima Divisi dan Komandan Resimen yang hadir di konferensi itu, secara demokratis memberikan suara untuk kandidat Panglima Besar.

Hasil dari putaran terakhir pemilihan itu adalah; Kolonel Soedirman mendapat 22 suara sedangkan Letnan Jenderal Oerip Soemohardjo mendapat 21 suara.

Peristiwa ini merupakan satu-satunya dalam sejarah militer Indonesia, karena seorang Kolonel berhasil mengalahkan Jenderal dalam pemilihan Panglima Besar TNI.

Halaman
1234
Penulis: Putra Dewangga Candra Seta
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved