Breaking News:

Berita Gresik

Tolak Investasi Miras, Bupati Gresik Sebut Tidak Baik Untuk Generasi Muda

bupati yang disapa Gus Yani menegaskan penolakannya. Ia bahkan yakin bahwa banyak ulama yang juga menolaknya.

SURYA.co.id/Willy Abraham
Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani dalam memimpin apel di kantor Pemkab Gresik, Senin (1/3/2021). 

SURYA.CO.ID, GRESIK - Sebelumnya, keputusan pemerintah melalui Presiden Joko Widodo menetapkan industri minuman keras (miras) sebagai daftar positif investasi (DPI) terhitung tahun ini.

Meski kemudian, Selasa (2/3/2021), presiden mencabut keputusan tersebut, tetapi penolakan tetap disuarakan oleh Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani.

Ketika menanggapi adanya pembukaan industri miras itu, bupati yang disapa Gus Yani menegaskan penolakannya. Ia bahkan yakin bahwa banyak ulama yang juga menolaknya.

"Secara moral miras itu jelas tidak baik untuk generasi muda Gresik. Lebih-lebih Gresik ini kota wali, kota santri dan banyak ulama-ulama serta kiai. Jelas saya menolak," kata Gus Yani saat meninjau pelaksanaan vaksinasi para Bhabinsa dan jurnalis Gresik di Kodim 0817 Gresik, Selasa (2/3/2021).

Pemerintah memutuskan mencabut aturan mengenai investasi industri minuman keras yang tercantum dalam lampiran Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal.

Sedangkan alasan pencabutan itu, karena pemerintah mendapat banyak masukan dan keberatan dari para ulama dan organisasi keagamaan serta organisasi lainnya.

"Setelah menerima masukan-masukan dari ulama-ulama MUI, Nahdlatul Ulama NU, Muhammadiyah dan ormas-ormas lainnya, serta tokoh-tokoh agama yang lain, dan juga masukan-masukan dari provinsi dan daerah," ujar Presiden Jokowi seperti dilansir dari Kompas.com.

Gus Yani juga menegaskan, saat ini jajaran organisasi keagamaan seperti PW Nahdlatul Ulama Jawa Timur telah menyatakan menolak miras. "Berita penolakannya juga sedang viral," katanya. ****

Penulis: Sugiyono
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved