Breaking News:

Berita Banyuwangi

Puan Maharani Datang ke Kabupaten Banyuwangi : Puskesmas Ujung Tombak Vaksinasi Covid-19

Menurut Puan, kecepatan program vaksinasi tergantung pada kesiapan puskesmas di seluruh Indonesia.

surya.co.id/haorrahman
Puan saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Kabat, Kabupaten Banyuwangi, Selasa (2/3/2021) 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan puskesmas memegang peranan penting dalam pelaksanaan vaksinasi Covid- 19.

Hal itu disampaikan Puan, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Kabat, Banyuwangi, Selasa (2/3/2021) pagi, atau tepat satu tahun setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus perdana Covid-19 pada 2 Maret 2020.

"Puskesmas menjadi ujung tombak pelaksanaan program vaksinasi Covid- 19," ujar Puan.

Menurut Puan, kecepatan program vaksinasi tergantung pada kesiapan puskesmas di seluruh Indonesia.

"Kita beruntung memiliki infrastruktur puskesmas yang andal. Seperti di Puskesmas Kabat ini, kita lihat proses vaksinasi berlangsung lancar. Tenaga kesehatan dan infrastruktur puskesmasnya sangat siap," ujarnya.

Mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ini juga menyatakan puskesmas menjadi agen untuk menerapkan prinsip vaksinasi yang berkeadilan.

"Lewat puskesmas, warga di desa-desa terjangkau vaksinasi sehingga prinsip vaksinasi berkeadilan terpenuhi," ucap perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR RI tersebut.

Baca juga: Tujuh Pejabat Pemkab Tulungagung yang Kosong Akhirnya Terisi, Dua Masih Menunggu Giliran

Baca juga: Update Pembunuhan Cewek Bandung di Hotel Kota Kediri, Polisi Temukan Ini Usai Otopsi

Baca juga: Saat Gus Ipul Diminta Jadikan Kota Pasuruan Hub Kawasan Wisata Bromo Tengger Semeru

Kunjungan Ketua DPR RI Puan Maharani ke Puskesmas Kabat merupakan rangkaian kunjungan kerjanya di Banyuwangi, Jawa Timur.

Selain melihat proses pelaksanaan vaksinasi, Puan juga berdialog dengan tenaga kesehatan Puskesmas Kabat. Salah satu yang dibahas adalah penggunaan teknologi informasi untuk mempercepat pelayanan Puskesmas.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menjelaskan bahwa pihaknya terus memantau pelaksanaan vaksin di wilayahnya. Satu hari sebelumnya, Ipuk meninjau pelaksanaan vaksin bagi guru-guru ASN di Puskesmas Songgon.

"Alhamdulillah, sejauh ini semua berjalan lancar. Kami terus meminta kepada Dinas Kesehatan untuk mengoptimalkan pelaksanaan vaksin kepada target sasaran. Di semua puskesmas, vaksinasi dijalankan dengan sasaran serta tahapan sesuai ketentuan dari pemerintah pusat," kata Ipuk.

Banyuwangi sendiri telah menerima 34.140 dosis vaksin yang berarti setara 17.070 sasaran. Hingga saat ini, telah divaksin 11.000 warga, dan akan dituntaskan dalam pekan ini untuk mencapai total sasaran.

Penulis: Haorrahman
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved