Breaking News:

Berita Trenggalek

Mantapkan Koordinasi Lintas Sektor dalam Simulasi Bencana Tsunami di Pantai Konang Trenggalek

Warga dan berbagai unsur aparat di wilayah sekitar Pantai Konang menggelar simulasi kesiapan penanggulangan bencana tsunami

SURYA.CO.ID/Aflahul Abidin
Simulasi bencana tsunami di Pantai Konang, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek, Selasa (2/3/2021). 

SURYA.CO.ID, TRENGGALEK - Warga dan berbagai unsur aparat di wilayah sekitar Pantai Konang, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek, menggelar simulasi kesiapan penanggulangan bencana tsunami pada Selasa (2/3/2021).

Simulasi yang diperagakan dimulai dari kegiatan masyarakat saat kondisi biasa. Kemudian, masyarakat dan aparat memeragakan aktivitas apabila terjadi gempa bumi.

Dalam simulasi itu, masyarakat mempraktikan kondisi panik akibat bencana.

Selepas itu, aparat dari berbagai unsur mulai dari TNI, polri, dan pemerintahan datang ke lokasi dan mengarahkan agar masyarakat menjauh dari laut menuju tempat yang lebih tinggi.

Simulasi yang diutamakan, yakni kerja sama antar pihak untuk berkoordinasi dan bersinergi mulai dari pendirian posko, dapur umum, penyiapan lokasi pengungsian.

Juga termasuk pembentukan trauma centre, hingga evakuasi warga yang terdampak bencana. Seperti yang tertindih pohon dan hilang.

Kapolres Trenggalek, AKBP Doni Satria Sembiring mengatakan, simulasi itu digelar untuk mempersiapkan diri apabila terjadi bencana yang tak diinginkan.

Dengan simulasi, pihaknya berharap langkah cepat dapat dilaksanakan oleh para aparat bersama warga pada kondisi darurat.

“Bencana alam tsunami tidak bisa diperdiksi. Namun, bisa diketahui dari beberapa gejala yang muncul seperti didahului dengan terjadinya gempa bumi,” ucap Doni.

Menurut Doni, penanganan bencana alam seperti tsunami tidak bisa dilakukan secara parsial.

Halaman
12
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved