Breaking News:

Advertorial

Program Magang Online, Inovasi Gramedia Bagi Praktik Kerja Siswa Sekolah Vokasi di Masa Pandemi

Harapannya, siswa tidak hanya mendapat ilmu terapan nyata yang bermanfaat bagi mereka, tetapi juga dapat mengimplementasikan

Foto Istimewa Gramedia
Program Magang Online Gramedia 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Gramedia Regional 5 dengan cakupan wilayah Jawa Timur, Bali, dan Lombok menggagas program Magang Online untuk memberi ruang bagi siswa SMK yang kesulitan mencari tempat magang selama pandemi.

Sebelum ada pandemi, Gramedia rutin bekerja sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin).
Latihan pembelajaran ini wajib diikuti siswa SMK sebagai persiapan menghadapi dunia usaha dan industri.

Harapannya, siswa tidak hanya mendapat ilmu terapan nyata yang bermanfaat bagi mereka, tetapi juga dapat mengimplementasikan ilmu yang sudah diperoleh selama masa sekolah dan memberi sumbangsih bagi kemajuan tempat mereka melakukan Prakerin.

Dalam situasi pandemi, saat semua sekolah melaksanakan metode pembelajaran jarak jauh atau tatap maya, kegiatan praktik ini sulit dilakukan.

Meski demikian, meniadakan kegiatan ini pun rasanya tidak mungkin karena siswa dikhawatirkan akan gagap memasuki dunia kerja setelah lulus sekolah.
Keterbatasan pemahaman dan keterampilan mengaplikasikan sarana dan prasarana di dunia kerja akan menimbulkan beban psikologis pada diri siswa kelak sebagai karyawan baru.

Karena itulah, inovasi program Magang Online di Gramedia Regional 5 menjadi solusi bagi sekolah agar kurikulum yang sudah disusun sedemikian rupa bisa tetap berjalan walaupun di tengah kondisi tidak mudah seperti saat ini.

Regional Manager Gramedia Ibu E Driemirda Primasari pun memberi arahan senada bahwa saat ini perusahaan harus bisa lebih inovatif, agile, dan mampu berkolaborasi dengan institusi apa pun.

Program yang awalnya dimulai di Kota Surabaya ini kini sudah berjalan di kota lain seperti Sidoarjo, Malang, Jember, Kediri, Bali, dan Lombok.
Total sudah 16 Toko Gramedia yang menjalankan program ini.

Kepala sekolah dan praktisi pendidikan di masing-masing kota menyambut hangat serta menunjukkan antusiasme tinggi karena materi pembekalan dan ketrampilan yang bisa dipraktikkan dalam kegiatan ini sangat relevan dengan kondisi saat ini.

Selama mengikuti magang online, para siswa dikenalkan dengan nilai dan proses bisnis internal yang berjalan di Gramedia secara virtual melalui company profile Gramedia.

Sedikit berbeda dengan magang secara langsung, dalam magang online siswa magang dilibatkan dalam proses penjualan via online, pembuatan konten promo digital, dan hanya perlu datang ke store dua kali sebulan untuk kegiatan evaluasi.

Pengambilan materi bahan praktik magang siswa diatur dan dibagi sesuai jumlah siswa dalam beberapa sesi dalam setiap pertemuan, tentunya dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat. (*)

Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved