Breaking News:

Malam Ini, Gunung Merapi Semburkan Awan Panas, Ini Kawasan-kawasan yang Bahaya

Berdasarkan pengamatan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), awan panas itu meluncur ke arah barat daya.

antara
ILUSTRASI - Gunung Merapi mengepulkan asap sulfatara 

SURYA.co.id YOGYAKARTA - Kabar terbaru Gunung Merapi Yogyakarta. Senin (1/3/2021) malam ini kembali mengeluarkan awan panas guguran pada hari ini. Semburan awan panas terpantu pukul sekitar 21.06 WIB.

Berdasarkan pengamatan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), awan panas itu meluncur ke arah barat daya.

"Estimasi jarak luncur 1.500 meter (dari kawah)," kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida dalam keterangan tertulisnya.

Seismogram mencatat awan panas itu meluncur selama 130 detik dengan amplitudo 66 milimeter. BPPTKG juga melaporkan, dari hasil pengamatan mulai 12.00 WIB hingga 17.00 WIB, ada tujuh kali guguran lava pijar yang luncuran terjauhnya mencapai 700 meter dari kawah.

Gunung yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta itu juga mengalami 47 kali gempa guguran dan satu kali gempa embusan. Sejak November 2020, BPPTKG menetapkan Gunung Merapi dalam status siaga (level III).

Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awanpanas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 kilometer.

Editor: Suyanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved