Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Gubernur Khofifah Minta Wali Kota Eri Cahyadi Bantu Sampang Tingkatkan IPM Lewat Sister City

Gubernur Khofifah berpesan, agar sinergitas dan kolaborasi terus ditingkatkan antara Pemerintah Kota Surabaya dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur

SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri sertijab Wali Kota Surabaya, Senin (1/3/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menghadiri serah terima jabatan (Sertijab) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya di Gedung DPRD Kota Surabaya, Senin (1/3/2021) pagi.

Dalam sertijab itu, Khofifah memberikan pesan khusus pada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Wakil Wali Kota Surabaya Armuji untuk mempertahankan Kota Surabaya sebagai barometer kebangkitan ekonomi di Jawa Timur.

Pesan itu bukan tanpa alasan. Sebab saat ini PDRB Kota Surabaya menyumbang 24,11 persen terhadap PDRB Jawa Timur.

Oleh sebab itu, dirinya meminta di bawah kepemimpinan Eri dan Armuji, capaian Kota Surabaya bisa terus dipertahankan dan bahkan lebih ditingkatkan lagi.

"Ini menjadi bagian yang penting, ini tidak boleh ada pelemasan atau pelemahan akibat pandemi Covid-19 yang telah berjalan setahun, jadi semua harus pada proses percepatan untuk membangun kebangkitan ekonomi di Jawa Timur terutama episentrumnya, yang menjadi sentra ini adalah Surabaya," ucap Khofifah.

Gubernur Khofifah juga berpesan, agar sinergitas dan kolaborasi terus ditingkatkan antara Pemerintah Kota Surabaya dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Dirinya menyebut, bahwa 77 proyek strategis dari Program Strategis Nasional yang dituangkan dalam Perpres 80 tahun 2019 tentang percepatan pembangunan ekonomi di Jawa Timur sebagian besar sentranya berada di Surabaya.

"Oleh karena itu, ini yang juga kami pesankan supaya ada sinergitas pasca pandemi covid ini jadi sekarang sesungguhnya preconditioning nya sudah bisa dilakukan karena provincial office dari PSN tersebut ada di Bappeda Provinsi Jawa Timur," pesannya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Khofifah juga menginisiasi terbentuknya sister city antara Kota Surabaya dan Kabupaten Sampang.

Menurut Gubernur perempuan pertama di Jatim ini, hal tersebut sebagai salah satu upaya untuk mengurangi ketimpangan IPM Kota Surabaya yang mencapai angka 82, tertinggi di Jawa Timur dengan IPM Kabupaten Sampang dengan angka 62, terendah di Jawa Timur.

"Saya ingin mengajak semacam Sister City, ada SDM-SDM dari Surabaya yang akan mensupport percepatan penguatan IPM di Sampang," tuturnya.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved