Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Gubernur Khofifah Ajak Gus Muhdlor Tinjau Progres Kawasan Industri Halal

Gubernur Khofifah mengatakan, Kawasan Industri Halal di Sidoarjo ini akan menjadi yang pertama di Jawa Timur dan di Indonesia.

SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengajak Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali dan Wakil Bupati Sidoarjo Subandi meninjau progres pembangunan Kawasan Industri Halal di Jalan Lingkar Timur Rangkah Kidul, Kecamatan/Kabupaten Sidoarjo, Senin (1/3/2021). 

SURYA.CO.ID, SIDOARJO - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengajak Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali dan Wakil Bupati Sidoarjo Subandi meninjau progres pembangunan Kawasan Industri Halal (KIH) di Jalan Lingkar Timur Rangkah Kidul, Kecamatan/Kabupaten Sidoarjo, Senin (1/3/2021).

Kunjungan ke KIH dilakukan usai proses sertijab di Gedung DPRD Kabupaten Sidoarjo. Khofifah ingin Bupati dan Wakil Bupati yang baru saja dilantik itu turut mengawal pembangunan KIH untuk menyediakan kawasan industri bagi industri kecil menengah (IKM).

Gubernur Khofifah mengatakan, KIH di Sidoarjo ini akan menjadi yang pertama di Jawa Timur dan di Indonesia, untuk kawasan industri yang menyediakan kawasan khusus untuk IKM dan untuk produk-produk halal.

"Ini akan jadi yang pertama di Indonesia, KIH untuk IKM. Maret akan diluncurkan. Mudah-mudahan semua dilancarkan," kata Khofifah.

Berdasarkan pantauan di lapangan, kawasan KIH yang ditinjau Khofifah dan Muhdlor saat ini masih tahap pengurukan. Di lokasi saat ini banyak truk berdatangan untuk pengerukan. Pasalnya, pengerukan ini dikebut demi percepatan realisasi KIH.

Sebagaimana diketahui bahwa KIH ini merupakan pengembangan kawasan industri di Safe N Lock yang berdiri di atas lahan seluas 410 hektare di Sidoarjo. Lahan KIH ini direncanakan mencapai 148 hektare. KIH dikelola PT Makmur Berkah Amanda.

"Kami mengawal ini supaya bisa membuka kan ruang bagi IKM supaya bisa berkembang," kata Khofifah.

Sementara itu, Direktur Utama PT Makmur Berkah Amanda Adi Saputra Tedja Surya menegaskan, bahwa akhir Maret ini KIH akan mulai dilaunching dan siap memberikan layanan. Dan pada bulan Agustus nanti KIH akan diresmikan oleh Wapres RI KH Ma'ruf Amin.

"Total ada sebanyak 118 unit yang kami siapkan untuk IKM. Untuk jenis usahanya kami menyediakan lengkap. Bisa makanan minuman, bisa kosmetik dan juga farmasi," katanya.

Sebab di KIH ini juga akan difasilitasi perizinan halal bagi produk-produk yang diusahakan oleh IKM. Sehingga kawasan ini akan pendorong peningkatan layanan bagi para IKM di Jawa Timur.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved