Breaking News:

Berita Malang Raya

Eks TPA Lowokdoro di Kota Malang Bakal Disulap Jadi Destinasi Wisata Kreatif

Eks TPA Lowokdoro yang kini masih banyak ditumpuki oleh gunungan sampah itu bakal disulap menjadi destinasi wisata kreatif di Kota Malang

surya.co.id/rifky edgar
Suasana di eks TPA Lowokdoro Kota Malang yang masih ditumpuki oleh timbunan sampah, Sabtu (27/2/2021). Rencananya di eks TPA Lowokdoro bakal dibangun destinasi wisata kreatif. 

SURYA.CO.ID, MALANG - Rencana Pemerintah Kota Malang yang akan melakukan revitalisasi eks TPA Lowokdoro nampaknya bakal dilakukan pada tahun 2022.

Eks TPA Lowokdoro yang kini masih banyak ditumpuki oleh gunungan sampah itu bakal disulap menjadi destinasi wisata kreatif di Kota Malang.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan, bahwa kajian untuk revitalisasi eks TPA Lowokdoro sudah dilakukan di tahun 2020 kemarin.

Saat ini fokusnya ialah melakukan penyusunan Detail Engineering Design (DED) dan di tahun 2022 mendatang baru dilakukan penganggaran untuk pelaksanaan pembangunan.

"Pembangunannya nanti akan dilakukan secara bertahap. Di tahun 2022 kami akan menganggarkan senilai Rp 2,5 Miliar," ucapnya, Sabtu (27/2/2021).

Baca juga: Usai Dilantik, Gus Ipul - Mas Adi Temui Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kota Pasuruan

Baca juga: Partisipasi Pilkada saat Masa Pandemi di Jatim 67,68 Persen, Lebih Tinggi dari Pilkada Serentak 2018

Baca juga: Resmi Dilantik Jadi Bupati Sumenep, Achmad Fauzi : Lakukan Gerakan Nyata untuk Warga Sumenep

Eks TPA Lowokdoro yang memiliki luas sekitar 11.000 meter persegi itu nantinya akan dioptimalkan sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Kemudian juga akan disediakan tempat gantangan burung bagi para penggemar kicau mania dan tempat untuk menjual souvernir dan makanan khas Kota Malang.

"Target kami dengan adanya RTH nanti bisa membuat penambahan RTH di Kota Malang sebanyak 1,1 persen. Kemudian pohon-pohon nanti juga untuk memperkuat struktur tanah yang ada di sana," ucapnya.

Sejumlah fasilitas umum nantinya juga akan dibangun di eks TPA Lowokdoro. Mulai dari toilet, musholla dan ruang laktasi.

"Kami bersyukur ya telah dikasih tempat pengguna barang oleh pak Sekda di eks TPA Lowokdoro. Semoga nanti menjadi destinasi wisata baru di Kota Malang," tandasnya. (Rifky Edgar)

Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved