Breaking News:

Berita Sidoarjo

Pelantikan 174 Kepala Desa Terpilih di Kabupaten Sidoarjo akan Digelar 3 Maret 2021

Pelantikan para kepala desa (kades) hasil pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Sidoarjo 2020 akhirnya diputuskan digelar tanggal 3 Maret 2021.

surya.co.id/mohammad romadoni
Foto Ilustrasi pelantikan kepala desa 

SURYA.CO.ID, SIDOARJO – Setelah melalui sejumlah proses, pelantikan para kepala desa (kades) hasil pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Sidoarjo 2020 akhirnya diputuskan digelar tanggal 3 Maret 2021.

Terhitung ada 174 orang kades terpilih yang bakal dilantik.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sidoarjo, Fredik Suharto, penentutan pelaksanaan pelantikan kades memang menunggu pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo terpilih.

“Setelah Bupati dan Wakil Bupati terpilih dipastikan pelantikannya, kemudian kami melakukan pembahasan. Dan sudah diputuskan, pelantikan kades digelar 3 Maret mendatang,” kata Fredik, Kamis (17/2/2021).

Baca juga: Jelang Pelantikan, Eri Cahyadi Makin Pede Pakai Baju Bikinan Tukang Jahit Langganan

Baca juga: Dua Perangkat Desa Campurdarat yang Beri Keterangan Palsu di Pengadilan Terancam Sanksi Pecat

Baca juga: BREAKING NEWS 6 Kepala Daerah di Jatim Resmi Dilantik di Sesi Pertama, Berikut Daftarnya

Baca juga: , <, atau = Sesuai Soal" href="https://surabaya.tribunnews.com/2021/02/26/soal-dan-jawaban-sbo-tv-sd-kelas-2-jumat-26-februari-2021-berilah-tanda">Soal dan Jawaban SBO TV SD Kelas 2 Jumat 26 Februari 2021: Berilah Tanda >, <, atau = Sesuai Soal

Meski demikian, sejauh ini baru diputuskan tanggal pelaksanaannya saja. Belum ada kepastian terkait teknis pelaksanaan pelantikan.

Apakah digelar seperti biasa, atau dilaksanakan secara virtual sebagaimana diusulkan Pemkab Sidoarjo sebelumnya.

"Teknis pelaksanaan pelantikan belum bisa dipastikan sekarang. Apakah offline atau online, masih perlu pembahasan dan akan kami sampaikan ke Sekda terlebih dulu,” lanjut Fredik.

Usulan pelantikan kades secara online disampaikan karena masih dalam kondisi pandemi.

Tujuannya, dengan pelantikan secara virtual, kegiatan itu bisa meminimalisir kerumunan, alias meminimalisir potensi penyebaran covid-19.

Usulan pelantikan secara online itu juga mendapat sambutan positif dari Komisi A DPRD Sidoarjo.

Kalangan dewan mengaku setuju dengan rencana pelantikan secara virtual untuk para kades terpilih hasil Pilkades Serentak di Sidoarjo 2020 kemarin.

"Di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini memang segala kegiatan harus disesuaikan dengan protokol kesehatan. Termasuk agenda semacam pelantikan pilkades ini, kita dituntut untuk melakukannya secara virtual," kata Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo, Sullamul Hadi Nurmawan.

Namun, jika benar-benar pelantikan digelar secara daring, tentu Pemkab Sidoarjo harus siap dengan beberapa konsekwensinya.

Termasuk tentang pencukupan kebutuhan sarana prasarana dalam pelantikan virtual tersebut.

"Kalau ada desa yang internetnya kurang lancar, atau belum tersentuh koneksi internet. Maka itu tugasnya pemkab harus bisa memfasilitasi itu. Jangan sampai ada trouble pas pelantikan sedang berlangsung,” kata Wawan, panggilan Sullamul Hadi Nurmawan.

Penulis: M Taufik
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved