Breaking News:

Berita Bondowoso

Sampah di TPA Sudah Meluap, DLHP Bondowoso Tunggu DED di Lokasi Baru

Dengan luas lahan hanya 1,6 hektare, TPA Taman Krocok harus menerima 4,2 ton sampah dari 25 kecamatan setiap hari.

surya/danendra kusumawardana
Gunung sampah terlihat di kawasan TPA Taman Kerocok Desa Paguan, Taman Kerocok, Kamis (25/2). DLHP Bondowoso sudah menyiapkan lahan baru karena volume sampah sudah overload. 

SURYA.CO.ID, BONDOWOSO - Bondowoso sudah saatnya memerlukan lahan lebih luas untuk menjadi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, karena TPA Taman Krocok di Desa Paguan, Taman Kerocok sudah overload.

Dengan luas lahan hanya 1,6 hektare, TPA Taman Krocok harus menerima 4,2 ton sampah dari 25 kecamatan setiap hari. Karena hampir tidak ada lahan kosong, sampah di TPA itu seperti meluap.

Sampah yang ditampung di TPA Taman Kerocok sudah tampak menggunung sampai lebih dari 4 meter. "Setiap harinya bisa sampai 17 truk pengiriman sampah yang masuk ke TPA. Bahkan satu truk bisa mengangkut sampah empat atau lima kali," kata Penjaga TPA Taman Kerocok, Zaky, Kamis (25/2).

Desakan untuk mencari lahan baru TPA mencuat, dan diwacanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Bondowoso.

Kasi Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3) DLHP, Abdul Asis mengatakan pihaknya berencana akan mengalihkan TPA Taman Kerocok ke lahan yang tersedia di Desa Sumber Kokap yang terbilang lebih luas.

"Lahan TPA yang baru ini mencapai 5,2 hektare. Jauh lebih luas dari TPA Taman Kerocok di Desa Paguan," jelas Asis kepada SURYA.

Hanya, pengalihan lahan TPA itu belum bisa dilakukan dalam waktu dekat. Selain prosesnya masih dimatangkan, DLHP juga harus merencanakan detail pelaksanaannya. "Saat ini belum dialihkan. Karena masih proses penyusunan DED (Detailed Engineering Design)," pungkasnya. ***

Penulis: Danendra Kusumawardana
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved