Breaking News:

Berita Malang Raya

Pemusnahan Barang Bukti Kejahatan di Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang, Paling Banyak Narkoba

Selain narkoba, Kejari Kabupaten Malang juga memusnahkan barang bukti kejahatan seperti senjata tajam dan telepon seluler.

surya.co.id/erwin wicaksono
Barang bukti narkoba mendominasi dalam pemusnahan yang digelar Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang pada Kamis (25/2/2021). 

SURYA.CO.ID, MALANG - Barang bukti narkoba mendominasi pemusnahan yang digelar Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang, Kamis (25/2/2021)

Narkoba yang dimusnahkan meliputi daun lembaran ganja seberat 45,78 gram, 1 linting ganja, 9 tangkai ganja, 17 poket, ganja dan setengah tanaman ganja.

Tak hanya itu, 348.166 gram sabu-sabu, 13.727 pil dobel L, 127 gram sabu-sabu, dan 70 butir pil ekstasi juga turut dimusnahkan.

"Jumlah barang bukti itu adalah dari 258 perkara kejahatan yang terjadi di Kabupaten Malang. Namun yang paling dominan adalah kasus penyalahgunaan narkoba," beber Kasi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang, Januardi Jaksha Negara usai gelar pemusnahan.

Januardi memperkirakan perputaran uang dari hasil peredaran narkoba di Kabupaten Malang mencapai ratusan juta rupiah.

Baca juga: Bacaan Niat Puasa Qadha Ramadhan Tulisan Arab, Latin dan Terjemahan, Boleh Gabung Puasa Sunnah

Baca juga: Sugiri Sancoko akan Dilantik Jadi Bupati Ponorogo Tepat di Hari Ulang Tahunnya

Baca juga: Ajak Masyarakat Hidup Bersih, Pengurangan Sampah Jadi Prioritas Pemkot Malang

Sementara itu, barang bukti yang dimusnahkan berasal perkara sudah inkracht yang sudah berkekuatan hukum tetap periode Agustus 2020 hingga Januari 2021.

Selain narkoba, Kejari Kabupaten Malang juga memusnahkan barang bukti kejahatan seperti senjata tajam dan telepon seluler.

Sementara itu, Kasipidum Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang, Sobrani Binzar menerangkan, perkara kasus narkoba paling mendominasi berasal dari wilayah hukum Polsek Kepanjen, Singosari, Lawang, dan Karangploso.

Pemusnahan barang bukti tersebut hanyalah sample dari pengungkapan kasus besar dalam penyalahgunaan narkoba selama ini.

"Bersama sample saja barang bukti sudah mencapai 300 gram lebih. Jadi memang bisa disimpulkan bahwa kasus penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Malang memang cukup tinggi," tutup Sobrani.

Terakhir, Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang menganalisa jika penyalahgunaan narkoba didominasi oleh anak usia sekolah.

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved