Breaking News:

Berita Banyuwangi

Jadi Bupati Banyuwangi, Ipuk Prioritaskan Penanganan Dampak Pandemi Covid-19

jelang pelantikan, Ipuk berziarah ke makam Syaichona Cholil Bangkalan, guru dari banyak ulama di Tanah Air.

surya/haorrahman
Bupati Banyuwangi terpilih, Ipuk Fiestiandani berziarah ke makam Syaichona Cholil di Bangkalan Madura, Kamis (25/2/2021). 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Dijadwalkan pelantikan 17 kepala daerah hasil Pilkada 2020, akan dilantik di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (26/2/2021). Dan setiap pasangan calon kepala daerah melalui prosesi sendiri sebelum pelantikan, misalnya pengajian atau selamatan.

Begitu pula dengan Ipuk Fiestiandani Azwar Anas yang akan dilantik sebagai Bupati Banyuwangi oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Jumat (26/2).

Sehari jelang pelantikan, Ipuk berziarah ke makam Syaichona Cholil Bangkalan, guru dari banyak ulama di Tanah Air. “Semoga kita semua, seluruh warga Banyuwangi, selalu mendapat keberkahan,” ujar Ipuk, Kamis (25/2/2021).

Terkait pelantikan, Ipuk mengaku tidak ada persiapan khusus. Ia lebih banyak berdiskusi, menjaring masukan dan menyiapkan program. “Saya juga berziarah ke makam bapak di Magelang, dan sungkem ke ibu untuk minta doa," tutur Ipuk.

Ipuk menjelaskan, sebelumnya ia juga lebih banyak meluangkan waktu bertemu berbagai komunitas untuk menampung aspirasi. "Saya bertemu banyak komunitas seperti UMKM, pegiat desa, petani, nelayan, tenaga kesehatan, guru, dosen, seniman, anak muda, dan sebagainya, untuk menyiapkan program," jelas Ipuk.

Ada beberapa program yang disiapkan Ipuk khususnya tiga bulan ke depan. Salah satunya yang utama adalah penanganan pandemi. "Ada beberapa program yang sudah kami siapkan. Fokusnya di penanganan pandemi Covid-19 dan dampak sosial-ekonominya," katanya.

Ipuk mengatakan bahwa pandemi covid-19 memang mempengaruhi dampak ekonomi yang cukup signifikan. Itulah yang membuat Ipuk fokus pada penanganan dampak pandemi. "Kami akan mendorong terbukanya kembali lapangan kerja, dengan sejumlah stimulan dari pemkab yang sudah kami siapkan," jelas Ipuk.

Berbagai program stimulan lapangan kerja telah disiapkan seperti program padat karya, inkubasi pengusaha muda baru, UMKM naik kelas, bantaun alat usaha gratis, dan sebagainya.

Sekadar diketahui, Ipuk dan Sugirah, akan dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati di Gedung Negara Grahadi, Jumat (26/2). Sesuai jadwal panitia, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi dijadwalkan pada sesi I pukul 09.00 WIB. ***

Penulis: Haorrahman
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved