Breaking News:

Berita Gresik

Fraksi PKB Ikut Kawal Pemerintahan Baru Kabupaten Gresik

Beberapa langkah kerja strategis sekaligus mengawal program-program kerja pemerintah daerah pada tahun anggaran 2021.

Foto Istimewa Fraksi PKB Gresik
Ketua Fraksi PKB Gresik, Syahrul Munir (kiri) saat memimpin rapat kerja. 

SURYA.CO.ID, GRESIK - Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa DPRD Gresik ikut mengawal pemerintahan Gresik Baru dibawah kepemimpinan Bupati Fandi Akhmad Yani - Wabup Aminatun Habibah.

Hal ini merupakan kesepakatan dari hasil rapat kerja.

Ketua Fraksi PKB DPRD Gresik, M Syahrul Munir menyatakan fraksi PKB sebagai mitra kritis strategis dalam mengawal program-program yang tertuang dalam Nawa Karsa Gresik Baru.

Beberapa langkah kerja strategis sekaligus mengawal program-program kerja pemerintah daerah pada tahun anggaran 2021.

Seperti program kerja prioritas FPKB berupa kerja-kerja anggaran, pembuatan peraturan, sekaligus pengawasan secara umum berkenaan dengan pelayanan dasar dan kebutuhan masyarakat Kabupaten Gresik yang tersebar menjadi fokus kerja di masing-masing bidang di empat komisi.

"Sesuai kesepakatan bagian hasil rapat kerja. Enam belas poin prioritas kerja F- PKB tahun 2021 ini. Sangat urgen yakni pembebasan lahan untuk TPST (tempat pengolahan sampah terpadu) dan Kali Lamong, penguatan ekonomi melalui pemberdayaan petani dan UMKM, terutama dari kalangan milenial serta pelayanan air bersih PDAM,” papar Syahrul, Rabu (24/2/2021).

Selain itu, penggunaan kecanggihan informasi dan teknologi (IT) dalam pelayanan publik.

Kemudian, pemberdayaan masyarakat desa dengan memperkuat kelompok-kelompok masyarakat dan badan usaha milik desa (BUMDes).

Kemudian, penguatan dan pengembangan ekonomi melalui pembangunan infrastruktur, perbaikan sistem drainase, perbaikan jalan baik jalan poros desa, ex jalan poros desa (JPD), maupun jalan kabupaten, penanganan lingkungan hidup sebagai upaya pencegahan bencana serta perluasan akses masyarakat terhadap pelayanan pendidikan dan kesehatan.

“Kami juga prioritaskan pembangunan rumah sakit baru dan peningkatan kualitas pendidikan di pondok pesantren,” papar dia.

Baca juga: Evaluasi PPKM Mikro di Kabupaten Tuban, Kapolres : Grafik Menunjukkan Penurunan

Baca juga: Soal dan Jawaban SBO TV SD Kelas 3 Kamis 25 Februari 2021: Kerjakan Tema Halaman 188, 193, 194

Baca juga: Bhabinkamtibmas di Kabupaten Sidoarjo Dilatih Jadi Tracer Covid-19

Peningkatan SDM vokasi berbasis kebutuhan industri, bantuan operasional sekolah daerah (BOSDA) dan insentif guru, pengurangan pengangguran dan ketenagakerjaan serta penanggulangan bencana alam juga jadi prioritas kerja.

Fraksi PKB DPRD Gresik juga senantiasa menjaga pola khidmat kepada Nahdlatul Ulama (NU) sebagai bagian yang tidak bisa terpisahkan dalam skema perjuangan dan pengabdian partai dengan cara mengawal program-program keumatan dan keagamaan.

Hal ini membuat pemerintahan Gresik baru bakal mendapat dukungan penuh dari legislatif untuk merealisasikan program Nawa Karsa.

Fraksi-fraksi di DPRD Gresik tidak ada yang mengambil peran sebagai oposisi.

Pelantikan Fandi Akhmad Yani dan Aminatun Habibah sebagai Bupati Gresik dan Wakil Bupati Gresik terpilih akan dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan ketat di Gedung Grahadi, Surabaya, pada Jumat (26/2/2021) besok.

Penulis: Willy Abraham
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved