Breaking News:

Berita Pasuruan

TPA Baru Rp 17 Miliar Diresmikan, Bupati Pasuruan Harapkan Angkat Perekonomian Warga Sekitar

Ia menyebut, untuk membangun TPA ini, pihaknya harus menggelontorkan anggaran Rp 17 miliar untuk pembebasan lahan hingga pembangunan.

surya/galih lintartika
Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf bersama Forkopimda meresmikan TPA Pasuruan senilai Rp 17 miliar, Rabu (24/2/2021). 

SURYA.CO.ID, PASURUAN - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Wonokerto akhirnya diresmikan oleh Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Rabu (24/2/2021). Peresmian ini menjadi penanda jika TPA Wonokerto resmi dioperasionalkan dan berfungsi sebagai lokasi pembuangan dan pengolahan sampah.

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf mengatakan, TPA Wonokerto adalah solusi untuk menyelesaikan persoalan sampah yang overload di TPA lama. Ia menyebut, untuk membangun TPA ini, pihaknya harus menggelontorkan anggaran Rp 17 miliar untuk pembebasan lahan hingga pembangunan.

"Tahapannya cukup menyita waktu, dan Alhamdulillah semuanya bisa kita lewati sampai hari ini bisa kita resmikan," katanya.

Gus Irsyad menjelaskan, secara bertahap, semua sampah dapat langsung dikumpulkan untuk dipilah dan diolah di TPA ini. "Mudah-mudahan ini solusi. Jadi sampah yang kemarin dibuang ke TPA Kenep, sekarang bisa langsung dibuang ke TPA Wonokerto," terangnya.

Gus Irsyad juga menyebut, pihaknya merencanakan pelebaran di sekitar TPA Wonokerto dan rencana pembangunan TPA di wilayah Timur. Khusus di wilayah Timur, rencana tersebut akan segera terealisasi, karena mendapat CSR dari dua perusahaan di Kabupaten Pasuruan.

"Kami harapkan TPA ini bisa menampung sampah dalam jangka waktu yang lama, dan mengatasi persoalan sampah di Pasuruan," paparnya.

Ia juga berharap, TPA Wonokerto bisa andil dalam meningkatkan perekonomian warga sekitar. Utamanya dalam kegiatan pemilahan maupun pengolahan sampah. "Semoga dampaknya bisa membedayakan warga sekitar dan sejahtera, serta sukses dalam mewujudkan prinsip pengelolaan sampah berkelanjutan," urainya.

Kepala DLH Kabupaten Pasuruan, Heru Farianto menambahkan, TPA Wonokerto berada di lahan dengan luas 4,8 hektare. TPA ini dilengkapi berbagai sarana prasarana (sarpras) maupun fasilitas. Di antaranya fasilitas dasar yang meliputi jalan masuk dan jalan operasional.

Selain itu ada juga saluran drainase, sarana air bersih, kantor, dan ruang edukasi. Di sini, juga ada sel penampungan sampah luas 50x50 meter dan kedalaman 2 meter. ****

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved