Breaking News:

Berita Lamongan

Tidak Hanya Tegakkan Prokes, Jajaran Polres Lamongan Juga Dilatih Melacak Kontak Covid-19

Miko berharap, setelah pelatihan ini Bhabin bisa mendampingi petugas kesehatan di masing-masing desa untuk melaksanakan tracing.

surya/hanif manshuri
Pelatihan Tracer Covid-19 ini yang dilakukan secara virtual melalui Zoom meeting kepada Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas jajaran Polres, Rabu (24/2/2021). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Pengetahuan di bidang medis apalagi ketika wabah Covid-19 masih terjadi, juga perlu dimiliki personel kepolisian. Sekarang anggota Polres Lamongan pun harus belajar mengenali kontak erat dan cara melacak (tracing) sebagai salah satu cara memutus rantai penyebaran Covid-19.

Bahkan Polres Lamongan menggelar pelatihan yang digelar secara virtual untuk skenario tracing ini.
Pelatihan dengan memanfaatkan Zoom meeting itu memberikan materi kepada Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas jajaran Polres Lamongan.

"Tracing atau pelacakan kontak erat penting untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, karena itu Polres Lamongan menggelar Pelatihan Tracer Covid-19 yang dilakukan secara virtual," kata Kapolres Lamongan, AKBP Miko Indrayana dalam sambutannya, Rabu (24/2/2021).

Miko berharap, setelah pelatihan ini Bhabin bisa mendampingi petugas kesehatan di masing-masing desa untuk melaksanakan tugas tracing. Untuk tugas ini, lanjut Miko, telah disiapkan sebanyak 132 petugas.

“Perintah Presiden melalui Kapolri, pelatihan ini sangat penting disampaikan hingga ke tingkat bawah. Jadi laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya," ujar Miko.

Ditambahkan Miko, penanganan Covid-19 tidak bisa dilakukan sendiri dan dibutuhkan sinergi antar instansi. Sinergi tersebut, kata Miko, di antaranya antara TNI, Polri dan instansi terkait lainnya serta seluruh elemen masyarakat.

Dengan memiliki pengetahuan tentang cara tracing, maka tugas polisi tidak sekadar melakukan razia atau operasi yustisi penegakkan protokol kesehatan. Tetapi juga ikut membantu tenaga kesehatan dalam melacak kontak erat penderita.

Kepala Dinas Kesehatan Lamongan, Taufik Hidayat menjelaskan tentang tracing atau pelacakan kontak erat Covid-19 dan tata cara pengisian formulir tracing dan pelaporannya.

Acara ini diikuti oleh para pejabat utama Polres, Kanit Binmas dan Anggota Binmas baik Polres maupun Polsek jajaran Polres Lamongan.

"Pelatihan ini diselenggarakan secara serentak di Jawa Timur sehingga diharapkan anggota Bhabin bisa mengikuti dan menyimak dengan seksama," pungkasnya. ****

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved