Breaking News:

Berita Surabaya

ITS Programkan Pertukaran Mahasiswa Antar PTN Berbadan Hukum

Sasrabahu juga akan mewujudkan program Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Foto Istimewa its.ac.id
Ilustrasi kampus ITS Surabaya 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri - Berbadan Hukum (PTN-BH) menunjuk Institute Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk membangun Sistem Pertukaran Mahasiswa antara Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (Sasrabahu).

Yakni sebuah platform pertukaran mahasiswa antar PTN-BH se-Indonesia.

Platform ini akan memudahkan mahasiswa dalam mengambil mata kuliah di sesama kampus PTN-BH.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), Prof Ir Nizam MSc DIC PhD mengungkapkan saat ini jumlah mahasiswa Indonesia yang melakukan pertukaran pelajar ke luar negeri jauh lebih banyak dari pada ke dalam negeri.

Padahal dengan Sasrabahu, bisa membangun jejaring persaudaraan baik dosen maupun mahasiswa dalam meningkatkan mutu pendidikan, penelitian, maupun pengabdian masyarakat.

"Jika melihat Eropa, mahasiswa di sana diwajibkan untuk mengikuti pertukaran lintas negara. Hal ini juga akan dibangun oleh Indonesia nanti ke depannya," ungkapnya.

Baca juga: Tata Cara Bayar Fidyah untuk Ganti Puasa Ramadhan Yang Ditinggalkan, Karena Sakit Atau Hamil

Baca juga: 72 Personil Polres Blitar Kota Terima Vaksin Covid-19 Tahap Kedua

Baca juga: Kronologi Tebing Longsor Timpa Pondok Pesantren di Pamekasan, 3 Jasad Santriwati Masih Tertimbun

Sementara itu, Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari menjelaskan dalam platform ini mahasiswa hanya tinggal klik mata kuliah yang telah tersedia di platform Sasrabahu seperti mengambil Kartu Rencana Studi (KRS) pada umumnya.

Ia mengatakan sistem tersebut juga didesain semudah mungkin baik bagi mahasiswa maupun administrator akademik pada masing-masing perguruan tinggi.

“Sehingga, data seperti informasi mahasiswa dan nilai bisa terintegrasi dengan baik,” kata rektor yang biasa disapa Ashari ini.

Guru besar Teknik Elektro ini juga menambahkan Sasrabahu juga akan mewujudkan program Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sendiri.

Halaman
123
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved