Breaking News:

Berita Gresik

Jalan Daendels Gresik Menggelembung, Diduga Terdorong Penanaman Pipa PDAM

Warga menduga bahwa naiknya permukaan jalan aspal itu akibat proyek penanaman pipa PDAM di bawahnya.

surya/mochamad sugiyono
Para pekerja melihat kondisi jalan Raya Daendels yang menggelembung diduga akibat proyek pipa PDAM yang melintas di bawah jalan raya, Selasa (23/2/2021). 

SURYA.CO.ID, GRESIK - Perubahan tekstur Jalan Raya Daendels di Desa Sukomulyo, Kecamatan Manyar Gresik belakangan ini menjadi perhatian warga, karena permukaan jalan menggelembung ke atas. Bahkan jalan aspal itu menjadi seperti gundukan sepanjang lima meter dan setinggi 30 centimeter, Selasa (23/2/2021).

Warga menduga bahwa naiknya permukaan jalan aspal itu akibat proyek penanaman pipa PDAM di bawahnya. Tingginya gundukan bahkan lebih dari 30 centimeter, dan jalan yang sebelumnya datar berubah menanjak.

Warga sekitar yang melihat dan melintasi jalan melembung tersebut merasa heran. Bahkan para pemilik warung di sisi jalan baru menyadari bahwa aspal melembung.

"Saya juga tidak sadar kalau jalannya melembung. Tadi waktu buka pintu warung, ada lantai yang retak-retak," kata penjaga warung yang enggan menyebutkan namanya.

Ia juga mengatakan, tidak ada sosialisasi tentang proyek penanaman pipa PDAM sebelumnya. "Tidak ada sosialisasi dari siapa-siapa. Padahal, di sini ada tiga warung," imbuhnya.

Bahkan pekerja yang membeli makanan di warung sempat ditanya, apakah proyek penanaman pipa di jalan raya tersebut aman. Sebab di sekitar proyek juga ada pipa gas yang tertanam.

"Katanya aman, kedalaman pipa PDAM sekitar tujuh meter. Tetapi masih membuat jalan menggelembung. Padahal di dekatnya juga ada pipa gas," imbuhnya.

Sementara seorang pekerja penanaman pipa PDAM juga mengatakan bahwa jarak pipa gas dengan pipa PDAM masih cukup jauh. Dan letak posisi pipa gas masih di atas pipa PDAM. "Kedalaman pipa PDAM ini tujuh meter, jadi jauh dari pipa gas," kata pekerja itu.

Selain itu, jalan raya menggelembung karena lumpur di dalam tanah ikut terdorong ke atas. "Lumpurnya yang mendorong ke atas. Nanti jalan tersebut akan diperbaiki," imbuhnya.

Sementara Direktur Utama PDAM Kabupaten Gresik, Siti Aminatus Zariah tidak bisa dikonfirmasi melalui telepon. Ketika dikirim foto jalan tersebut, ia juga tidak menjawab. ****

Penulis: Sugiyono
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved