Breaking News:

Berita Sidoarjo

Pelantikan 174 Kades Terpilih di Sidoarjo Hasil Pilkades Serentak 2020 bakal Digelar secara Daring

Sebanyak 174 kepala desa (kades) terpilih dalam pelaksanaan Pilkades Serentak 2020 di Sidoarjo bakal dilantik awal Maret 2021.

surabaya.tribunnews.com/m taufik
Kepada Dinas Pemberdayaan Desa (PMD) Sidoarjo Fredik Suharto. Pelantikan kades terpilih dalam Pilkades Serentak 2020 bakal digelar secara daring. 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Sebanyak 174 kepala desa (kades) terpilih dalam pelaksanaan Pilkades Serentak 2020 di Sidoarjo bakal dilantik awal Maret 2021.

Masih pandemi, pelantikan tersebut direncanakan digelar secara daring.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sidoarjo, Fredik Suharto, rencana pelantikan kades secara online itu diusulkan digelar secara online untuk menghindari kerumunan.

"Tapi ini sifatnya masih usulan. Dan masih belum disetujui. Masih perlu dilakukan pembahasan lebih lanjut dengan berbagai pihak," kata Fredik.

Tanggal pasti pelaksanaan pelantikan para kepala desa juga belum ditentukan. Dari sebelumnya dijadwalkan pada 24 Februari 2021, diundur karena jadwal pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih mundur. 

"Rencananya digelar awal Maret, namun tanggalnya belum bisa dipastikan," lanjut Fredik.

Di sisi lain, Asisten I Bidang Pemerintahan Pemkab Sidoarjo, Ainur Rohman juga berharap pelantikan Kades tidak digelar di Pendopo Delta Wibawa. Alasannya sama, agar tidak terjadi kerumunan.

"Kita masih di masa pandemi, sehingga tetap berusah menghindari kerumunan. Nah, jika digelar di pendopo, dengan jumlah peserta sebanyak itu, tentu berpotensi menimbulkan kerumunan," ujar dia.

Pihaknya setuju pelantikan digelar secara virtual. Dan sebelum pelaksanaan, perlu dilakukan gladi kotor dan gladi bersih, supaya potensi kendala bisa diantisipasi sejak awal.

"Sebelum pelantikan ada gladi kotor di masing-masing desa atau kecamatan. Dari situ akan terlihat potensi terjadinya kendala dan sebagainya. Kemudian bisa diantisipasi," lanjutnya.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved