Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Jatim Terima 914.200 Dosis Vaksin Covid-19 untuk Sasaran Tahap Kedua

Provinsi Jawa Timur telah mendapatkan distribusi vaksin Covid-19 termin pertama untuk vaksinasi sasaran tahap kedua, Senin (22/2/2021).

SURYA.CO.ID/Ahmad Zaimul Haq
Vaksin Covid-19 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Provinsi Jawa Timur telah mendapatkan distribusi vaksin Covid-19 termin pertama untuk vaksinasi sasaran tahap kedua, Senin (22/2/2021).

Total ada sebanyak 914.200 dosis vaksin Sinovac yang telah dikirimkan ke Provinsi Jawa Timur.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Herlin Ferliana mengatakan, pengiriman vaksin Covid-19 dari Kementerian Kesehatan telah dilakukan dan kini tengah disiapkan untuk didistribusikan ke 38 kabupaten/kota.

"Alhamdulillah vaksinnya sudah datang semalam. Saat ini vaksinnya sudah di cool room kami. Kini kami sedang melakukan penataan untuk pendistribusian ke 38 kabupaten/kota mulai hari ini dan besok," kata Herlin, pada SURYA.CO.ID, Senin (22/2/2021) siang.

Lebih lanjut mantan Dirut RS Jiwa Menur ini menegaskan, bahwa dalam distribusi vaksin kali ini adalah untuk sasaran vaksin tahap dua. Yaitu, untuk pemberi layanan publik.

Kali ini adalah termin pertama distribusi vaksin untuk sasaran tahap dua.

Terkait jumlahnya, Herlin menyebutkan, bahwa jumlah yang diterima Jatim kali ini cukup banyak. Yaitu ada sebanyak 91.420 vial vaksin Sinovac. Per satu vial cukup untuk 10 dosis penyuntikan.

"Jadi tahap dua termin satu ini, Jatim mendapat 91.420 vial. Satu vial untuk 10 dosis. Sehingga Jatim dapat 914.200 dosis vaksin Covid-19," tegas Herlin.

Dengan jumlah itu, Herlin menyebutkan, dosis vaksin tersebut akan cukup untuk sekitar 20 persen sasaran vaksinasi pemberi pelayanan publik.

Artinya jumlah sasaran pada pemberi pelayanan publik sekitar 4,5 juta orang sasaran.

Ia menyebut, Kementerian Kesehatan telah nenyampaikan pada Provinsi Jatim dan yang lain, bahwa distribusi vaksin yang datang Februari ini tidak banyak. Namun untuk distribusi selanjutnya akan lebih banyak di bulan Maret dan April.

"Insya Allah Februari ini bisa menyelesaikan sekitar 20 persen dari jumlah sasaran. Nanti berlanjut kira-kira sampai Mei tuntas untuk tahap 2," pungkas Herlin.

Untuk sasaran tahap dua vaksinasi Covid-19 ada belasan kelompok. Selain lansia, ada TNI, Polri, Guru, ASN, DPR, tokoh agama, pejabat daerah, BUMN, BUMD, Satpol PP, Pedagang pasar, petugas pariwisata, organda, pengemudi taxi dan ojek online, dan juga jurnalis.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved