Breaking News:

Berita Lamongan

Banjir Besar Mengancam, Penurunan Tanggul Waduk di Lamongan Melebar Sampai 100 Meter

Padahal tanggul yang terlihat ambles dan mengalami pergeseran itu berdekatan langsung dengan jalan poros kecamatan.

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Dinding tanggul di Waduk Mojomanis, Kecamatan Kembangbahu mengalami pergeseran atau melebar, bahkan terancam ambrol setelah tergerus hujan selama beberapa waktu terakhir.

Padahal tanggul yang terlihat ambles dan mengalami pergeseran itu berdekatan langsung dengan jalan poros kecamatan. Tepatnya di sisi Utara, sedangkan jalan poros itu melintas dari Timur ke Barat.

Pergeseran (sliding) pada tanggul waduk itu juga akibat kepadatan tanah berkurang akibat digerus volume air waduk yang meningkat. Kalau sampai tanggul ambrol, maka kawasan Kembangbahu itu akan mengalami banjir besar.

"Tanggul di waduk itu mengalami pergeseran atau sliding, tepatnya di tepi jalan poros," kata Kasi Tanggap Darurat BPBD Lamongan Muslimin kepada wartawan, Senin (22/2/2021).

Tanggul bergeser mencapai sekitar 100 meter dengan kedalaman pergeseran sekitar 2,5 meter. BPBD bersama pemerintah desa telah melihat lokasi kejadian.

Menurut Muslimin, sebelumnya tanggul itu hanya mengalami retakan kecil, namun semakin melebar dan meluas hingga sepanjang 100 meter.

Muslimin segera melaporkan kepada BBWS Bengawan Solo agar segera ada penanganan. Jika tidak segera diperbaiki maka dikhawatirkan kerusakan tanggul meluas dan membahayakan.

"Apalagi kondisi cuaca masih sering hujan. Kami segara laporkan ke BBWS Bengawan Solo agar secepatnya ditangani," katanya.

Selain tanggul Waduk Mojomanis, tambah Muslimin, ada tanggul lain yang juga mengalami pergeseran atau sliding. Di antaranya adalah tanggul Waduk Kalen di Kecamatan Kedungpring yang saat ini  diperbaiki, tanggul negara Bengawan Solo di Desa Sumberwudi, Kecamatan Karanggeneng dan tanggul negara Bengawan Solo di Desa Sugihwaras, Kecamatan Kalitengah. ****

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved