Breaking News:

Berita Pamekasan

Disantuni Tiga Organisasi Pamekasan, Santri Penderita Kanker Pembuluh Darah Bersyukur

Bantuan uang senilai Rp 22.400.000 itu diserahkan Ketua AMK Pamekasan, Ali Maskur bersama Ustadz Mastur yang mewakili PERADABAN

surya/muchsin
Ketua AMK Pamekasan, Ali Maskur (mengenakan masker), menyerahkan uang santunan kepada Irham Maulana (tengah), penderita kanker pembuluh darah, Minggu (21/2/2021). 

SURYA. CO.ID, PAMEKASAN – Santri asal Pamekasan yang menderita kanker pembuluh darah sejak lahir, Irham Maulana (18), tersenyum sembari bibirnya tak henti mengucap syukur.

Ucapan terima kasih terucap dari siswa Madrasah Aliyah (MA) Ponpes Banyuanyar itu saat menerima bantuan dari Angkatan Muda Kakbah (AMK) Pamekasan, Persatuan Alumni Darul Ulum Banyuanyar (PERADABAN), dan Rumah Demokrasi Klepean Center (RDKC), Minggu (21/2/2021).

Ketiga perwakilan organisasi itu menyerahkan bantuan langsung kepada Irham di rumahnya, Desa Bulangan Haji, Kecamatan Pagantengan Pamekasan. Bantuan uang senilai Rp 22.400.000 itu diserahkan Ketua AMK Pamekasan, Ali Maskur bersama Ustadz Mastur yang mewakili PERADABAN.

Menurut Hasidah, ibu kandung Irham, anaknya menderita kanker pembuluh darah sejak lahir. Akibat penyakit itu, Irham tidak hanya terganggu kesehatannya, tetapi juga mengalami pembengkakan di lengan kanan hingga sebesar paha.

Dikatakan Hasidah, selama pengobatan, Irham sudah dua kali menjalani operasi kecil di RSUD Slamet Martodirjo Pamekasan. Operasi pertama dilakukan ketika Irham masih berusia 9 tahun dan operasi kedua, dilakukan pada 2018 lalu.

Kini kondisi Irham belum bisa dikatakan stabil, dan perlu melalui operasi lagi ke RSUD Dr Soetomo Surabaya. Namun rencana itu belum memungkinkan mengingat biaya operasi mencapai sekitar Rp 200 juta.

Irham yang selama ini menjadi khodim (pembantu, Red) sekaligus santri di Ponpes Banyuanyar, mengucap syukur dan terlihat gembira ketika menerima bantuan uang itu.

Ia beberapa kali mengucapkan terima kasih atas kepedulian AMK, Peradaban dan RDKC, dan mengatakan bahwa uang itu akan digunakan untuk tambahan biaya operasi.

Irham mengakui, rasa sakit dan nyeri di lengan kanannya kadang kambuh saat musim hujan, atau saat kondisi kedinginan atau kelelahan. “Bila kambuh, rasa nyeri, dan sakitnya luar biasa tak tertahankan. Semoga penyakit yang saya alami ini bisa teratasi,” ujar Irham.

Ali Maskur, yang juga anggota DPRD Pamekasan menyatakan bahwa santunan itu semata untuk meringankan beban keluarga Irham. Dan sebagai tambahan biaya untuk pengobatan penyakit yang dideritanya.

Menurut Maskur, karena biaya untuk operasi di lengan kanan Irham cukup tinggi, pihaknya akan berusaha membantu untuk didaftarkan menjadi peserta BPJS Kesehatan.

“Kalau tidak menggunakan BPJS Kesehatan, tentu memakan biayanya sampai ratusan juta. Dan kami berharap, ada organisasi atau kalangan dermawan yang peduli terhadap penderintaan yang dialami Irham,” ujar Maskur. ****

Penulis: Muchsin
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved