Breaking News:

Berita Kesehatan

Memanajemen Stres Melalui Yoga, Lakukan Gerakan Lembut untuk Menenangkan Pikiran

Aktivitas yoga bersama digelar oleh Verwood Hotel & Serviced Residence Surabaya untuk mengajak masyarakat lebih sehat dan bahagia.

Penulis: Christine Ayu Nurchayanti | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Christine Ayu Nurchayanti
Puluhan orang melakukan latihan yoga bersama di Poolside Outdoor Verwood Hotel & Serviced Residence Surabaya, Sabtu (20/2/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Sebanyak 35 orang melakukan latihan yoga bersama di Poolside Outdoor Verwood Hotel & Serviced Residence Surabaya, Sabtu (20/2/2021).

Diiringi alunan musik yang menenangkan, mereka melakukan gerakan demi gerakan dengan tempo yang lembut.

"Kali ini yoga yang kami lakukan bukan yang mengandalkan kekuatan. Gerakannya lebih untuk memanajemen stres, bisa untuk menghadapi pandemi seperti sekarang ini," ungkap trainer yoga Rima Djamaluddin.

Gerakannya tidak jauh berbeda dengan gerakan yoga biasanya di antaranya yakni sukhasana, cat-cow, child’s pose, dan seated forward bend.

"Sebenarnya gerakan yoga sama saja, hanya tergantung mau dibuat apa. Kalau ini namanya hatha yoga, gerakannya lebih lembut, lebih mendengarkan tubuh," terangnya.

Ia mengimbau untuk melakukan gerakan sesuai dengan batas kemampuan.

"Tidak boleh dipaksa. Kalau capek, rileks saja. Yoga tidak boleh memaksa tubuh," tambah Rima.

Salah satu yang ditekankan yakni gerakan napas. Menurutnya, ini sangat penting untuk mengatur emosi.

"Inhale itu penting. Bagaimana menarik napas dalam-dalam. Dengan napas yang teratur, kita akan bisa mengontrol diri saat stres atau takut. Otomatis biar langsung tenang. Bisa lebih sabar juga tentunya," ia menjelaskan.

Biasanya latihan yoga dilakukan selama 60 menit. Pemula banyak yang kesusahan dalam kelenturan otot.

"Misalnya saat gerakan menyentuh lutut. Tidak semuanya bisa, tergantung fleksibilitas. Sebaiknya jangan dipaksakan, cukup dilatih saja, diulang-ulang," terangnya.

Aktivitas yoga bersama ini digelar oleh Verwood Hotel & Serviced Residence Surabaya untuk mengajak masyarakat lebih sehat dan bahagia.

"Setelah yoga, mereka langsung lunch di sini. Yoga merupakan aktivitas yang bagus untuk mereleksasi tubuh dan pikiran," ungkap F&B Manager Verwood Sudarsih Dimyati.

Menurutnya, animo masyarakat terbilang bagus sehingga tidak menutup kemungkinan akan ada gelaran serupa di kemudian hari.

"Kegiatan ini sangat bagus dilalukan di tengah pandemi seperti ini. Kita membuat aktivitas yang menyehatkan dengan venue di sisi kolam renang dengan tetap menjalankan protokol kesehatan," pungkas Sudarsih.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved