Breaking News:

Berita Malang Raya

Menuju Smart City, Kota Malang akan Terapkan PJU Pintar Pertama di Indonesia

Salah satunya ialah ingin menjadikan Penerangan Jalan Umum (PJU) menjadi PJU pintar atau berbasis smart

Foto Istimewa
Penandatanganan MoU antara Pemerintah Kota Malang dengan PT Abhimata Citra Abadi dan PT Fokus Indo Lighting di Balaikota Malang pada, Jumat (19/2). MoU tersebut berkaitan dengan rencana penerapan PJU pintar di Kota Malang 

SURYA.CO.ID, MALANG - Pemerintah Kota Malang yang ingin menjadikan Kota Malang berbasis smart city kini terus diupayakan

Salah satunya ialah ingin menjadikan Penerangan Jalan Umum (PJU) menjadi PJU pintar atau berbasis smart

Hal tersebut setelah adanya penandatanganan MoU antara Pemerintah Kota Malang dengan PT Abhimata Citra Abadi dan PT Fokus Indo Lighting di Balai Kota Malang, Jumat (19/2/2021).

"Jadi ini kan program PJU pintar. Jadi ketika nanti PJU ini dikelola oleh swasta, itu malah lebih menguntungkan masyarakat," ucap Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang Hadi Santoso.

Pria yang akrab disapa Soni tersebut menyampaikan, MoU tersebut berkaitan dengan studi kelayakan terlebih dahulu.

Dengan begitu, maka Pemkot Malang dapat melihat efisiensinya, ketika PJU pintar tersebut dikelola oleh pihak swasta.

"Biar mereka (swasta) yang membuat kajian dulu, studi kelayakan dulu. Hasilnya seperti apa, kalau ini mereka yang kelola. Sebenarnya kalau di kelola swasta lebih efisien lah," ucapnya.

Soni menyampaikan, dengan nantinya PJU pintar dikelola oleh swasta, membuat biaya yang dikeluarkan oleh Pemkot Malang berkaitan dengan PJU tidak besar.

Mengingat, PJU di Kota Malang kata cukup banyak, termasuk PJU yang telah diserahkan ke Pemkot hasil serah terima Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU).

"Makannya nanti kita lihat dulu terkait tadi batas waktunya mereka harus selesaikan kapan saya belum lihat detail. Tapi segera lah jangan lama-lama," ucapnya.

Halaman
12
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved