Breaking News:

Berita Banyuwangi

Banyuwangi Festival Kembali Digelar, Diawali Hanya 12 Event, Kini 102 di 2021

Cikal bakal B-Fest diawali dari ide seorang Abdullah Azwar Anas. Pada 2011 Anas menggelar tiga atraksi wisata besar di Hari Jadi Banyuwangi.

SURYA.CO.ID/Haorrahman
Peluncuran Banyuwangi Festival 2021 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Banyuwangi Festival (B-Fest) telah menjadi ikon atraksi pariwisata bagi kabupaten paling ujung timur Pulau Jawa itu.

Pada tahun 2021 ini, Pemkab Banyuwangi kembali menggelar ratusan event dan terangkai dalam kalender wisata yang sudah tidak asing di telinga publik nasional.

Cikal bakal B-Fest diawali dari ide seorang Abdullah Azwar Anas. Satu tahun menjabat bupati, pada 2011 Anas menggelar tiga atraksi wisata besar dalam rangkaian Hari Jadi Banyuwangi di tahun tersebut. Event tersebut adalah Gandrung Sewu, Banyuwangi Ethno Carnival dan Banyuwangi Jazz Festival.

"Rupanya tiga event tersebut mendapat sambutan hangat dari wisatawan. Maka, kami tercetus membuat sebuah kalender wisata, yang lalu kami kemas dalam sebuah Banyuwangi Festival," jelas Anas, saat usai meluncurkan Banyuwangi Festival 2021 pada Kamis (17/2/2021) kemarin.

Maka, digelarlah Banyuwangi Festival pertama kali pada 2012.

Sejak itu, pelaksanaannya terus dievaluasi dan mengalami peningkatan baik dari sisi kuantitas maupun kualitas dari tahun ke tahun.

Banyuwangi Festival menjadi kalender wisata tahunan pertama yang disusun kabupaten/kota se-Indonesia secara terperinci dan terintegrasi.

"Konsep calendar of event ini kemudian menjadi tren di berbagai kabupaten/kota," ucap Anas.

Setahun kemudian, pada 2013 B-Fest meningkat menjadi 15 event. Pada 2014 menjadi 23 event. 2015 menjadi 38 event, hingga pada pada 2019 terdapat 99 event.

"Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pun telah menetapkan Banyuwangi sebagai kota festival terbaik di Indonesia selama tiga tahun berturut-turut, lantaran konsistensi dan keragaman event agenda wisata yang digelar Banyuwangi," kata Anas.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved