Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Resmikan Super Hotel SMKN 1 Pagerwojo, Wagub Emil Harap Jadi Support Pembangunan Lingkar Wilis

Super Hotel SMK Negeri 1 Pagerwojo Tulungagung, menjadi salah satu SMK yang mendapat gelar Center of Excellence (CoE) di sektor Hospitality

Humas Pemprov Jatim
Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak menghadiri Harlah (Hari Lahir) ke-14 dan Launching Super Hotel SMK Negeri 1 Pagerwojo Tulungagung, Rabu (17/2/2021) siang. 

Hadiri Peresmian Super Hotel SMKN 1 Pagerwojo Tulungagung, Wagub Emil Harap Jadi Support Pembangunan Lingkar Wilis

SURYA.CO.ID, TULUNGAGUNG - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak menghadiri Harlah (Hari Lahir) ke-14 dan Launching Super Hotel SMK Negeri 1 Pagerwojo Tulungagung, Rabu (17/2/2021) siang.

Super Hotel SMK yang berlokasi di kaki Gunung Wilis dan rampung sejak Desember lalu ini, juga diresmikan sebagai salah satu SMK yang mendapat gelar Center of Excellence (CoE) di sektor Hospitality (Perhotelan dan Pariwisata) dari APBN melalui Kementerian Pendidikan RI.

"Jadi hari ini SMKN 1 Pagerwojo meresmikan hotel ini sebagai salah satu Center of Excellence (COE) atau Pusat Keunggulan yang ada di Jawa Timur," ungkap Wagub Emil seusai meninjau langsung bangunan Super Hotel di SMKN 1 Pagerwojo.

Dengan diresmikannya Super Hotel ini, dirinya menaruh harapan besar agar bisa memberikan support berbagai pembangunan di sekitar wilayah Lingkar Wilis.

"Jadi kami berharap betul bahwa melalui peresmian hotel hari ini, bisa selaras dengan strategi pengembangan wilayah di wilayah Lingkar Wilis," tutur Emil Dardak, sapaan akrab Wagub Jatim.

Bukan tanpa alasan Wagub Emil menyebut Super Hotel ini sebagai salah satu aset luar biasa, hal ini dikarenakan letaknya yang berada di dekat Lingkar Wilis, di mana menjadi salah satu prioritas dari Perpres no 80 tahun 2019.

Selain itu, pengembangan sekolah Vokasi atau SMK telah menjadi komitmen Pemprov Jatim guna peningkatan Sumber Daya Manusia (SDA) di Jawa Timur.

"Ibu Gubernur berkomitmen untuk terus mendukung pendidikan vokasi. Karena 70 persen dari lulusan SMK orientasinya adalah bekerja," lanjutnya.

Wagub Emil juga berpesan, melalui sekolah vokasi diharapkan bisa menghasilkan generasi yang tak hanya siap kerja dan terampil. Tetapi, juga mempunyai karakter etos kerja yang mumpuni.

"Jadi nanti dengan keadaan dunia yang terus berubah, mereka punya kemampuan untuk belajar dan beradaptasi keterampilan-keterampilan baru," pungkas Wagub yang pernah menjabat Bupati Trenggalek ini.

Dalam kesempatan yang sama juga dilaksanakan penandatangan MoU (Memorandum of Understanding) antara SMKN 1 Pagerwojo dengan lima hotel di Pasuruan dan Tulungagung. Kelima hotel tersebut adalah Hotel Horison Pasuruan, Crown Victory Hotel, Istana Hotel, Swaloh Hill Resort Tulungagung dan Front One Hotel Tulungagung.

Melalui MoU tersebut, diharapkan bisa dibangun kerja sama kelas Industri dengan 5 Hotel. Seperti penyelarasan kurikulum di Industri dan Dunia Kerja (IDUKA), Praktek Kerja Lapangan, Guru Tamu (Hotel Mengajar di sekolah), Guru Magang + Sertifikasinya, serta rekrutmen karyawan. Dirinya berharap, SMKN 1 Pagerwojo bisa bersinergi dengan hotel yang ada di Kab. Tulungagung.

Turut menghadiri Harlah ke-14, Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo, Kepala Dinas Pendidikan Prov Jatim Dr Ir Wahid Wahyudi MT, Kepala Sekolah SMKN 1 Pagerwojo Tulungagung Trisno Wibowo, Kepala Sekolah SMK seluruh Kabupaten Tulungagung serta tenaga pengajar dan siswa di lingkungan SMKN 1 Pagerwojo. (hms)

Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved