Breaking News:

Pemprov Jatim

Gandeng Geo Dipa Energi, Pemprov Jatim Siap Kembangkan Potensi Geothermal di Gunung Arjuno-Welirang

Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersiap untuk mengembangkan potensi geothermal yang ada di Gunung Welirang dan Gunung Arjuno.

surya.co.id/fatimatuz zahro
Asisten 2 Setda Prov Jawa Timur bidang ekonomi dan pembangunan Jumadi. 

SURYA.CO.ID | SURABAYA  - Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersiap untuk mengembangkan potensi geothermal yang ada di Gunung Welirang dan Gunung Arjuno.

Pengembangan ini akan dilakukan bersama salah satu BUMN di bawah kementerian keuangan Geo Dipa Energi

Asisten 2 Setda Prov Jawa Timur bidang ekonomi dan pembangunan Jumadi mengatakan rencana pengembangan potensi geothermal itu sudah dibahas bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

 Akan tetapi pembahasannya masih informal dan tahap awal. 

Namun di lapangan Geodipa sejatinya sudah bergerak. 

"Saat ini masih pengurusan ukl-upl, selain itu juga sedang dilakukan kajian biodiversity oleh Universitas Gajah Mada.

Gajian itu untuk memastikan bahwa pengembangan geothermal nanti tidak akan mengganggu ekosistem yang ada di sana," kata Jumadi, Rabu (17/2/2021). 

Sebab sebagaimana diketahui lokasi yang akan dilakukan pengembangan eksplorasi geothermal di Arjuno-Welirang tersebut ada beberapa habitat ekosistem flora dan fauna misalnya ada macan tutul dan jalak.  

Akan tetapi dikatakan cuma di berdasarkan kajian-kajian sebelumnya pipa yang digunakan untuk pengembangan jaringan geotermal bersifat dingin tidak panas sehingga akan melindungi habitat dari flora dan fauna di kawasan Arjuno Welirang. 

"Total lahannya yang akan menjadi eksplorasi ada 75 hektar Lokasinya ada di dalam kawasan Tahura, Taman Hutan Raya. Tahura ini milik Pemprov, maka kemarin Geo Dipa Energi sowan ke ibu," kata Jumadi. 

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved