Breaking News:

Berita Surabaya

Sepuluh Kali Donor Plasma, Dua Warga Surabaya Mendapat Apresiasi dari Menko PMK Muhadjir Effendy

Menko PMK, Muhadjir Effendy memberikan apresiasinya pada dua pendonor plasma dari Surabaya yang telah mendonorkan plasmanya sebanyak 10 kali.

SURYA.CO.ID/Ahmad Zaimul Haq
APRESIASI - Dua warga Surabaya yang sudah sepuluh kali donor plasma konvalesen yaitu Luki Handoko (42) dan Agus Eko Nirno mendapat apresiasi dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam kunjungan kerja di PMI Kota Surabaya, Selasa (16/2/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Terapi plasma darah konvalesen kini tengah menjadi salah satu alternatif pengobatan bagi pasien Covid-19.

Plasma tersebut diambil dari darah penyintas Covid-19 itu kemudian diberikan kepada orang lain yang sedang menghadapi infeksi virus corona, dengan harapan antibodi tersebut mampu melawan infeksi yang sedang berjalan.

Namun, tidak semua penyintas Covid-19 bisa mendonorkan darahnya untuk diambil plasmanya.

Sehingga sangat jarang penyintas bisa mendonorkan plasmanya berkali-kali.

Untuk itu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memberikan apresiasinya pada dua pendonor plasma dari Surabaya yang telah mendonorkan plasmanya sebanyak 10 kali dalam kunjungan kerja di PMI Kota Surabaya, Selasa (16/2/2021).

Mereka yaitu Luki Handoko (42) dan Agus Eko Nirno.

Keduanya telah mendonorkan plasma sejak dinyatakan negatif Covid-19 pertangahan 2020 lalu.

Luki mengungkapkan ia sempat kritis saat dinyatakan Covid-19. Lebih mirisnya, ia harus merasakan sesak nafas tanpa adanya penanganan medis saat isolasi di rumahnya.

"Awalnya saya demam, batuk kering, dan setelah berobat ke dokter batuknya makin parah. Akhirnya saya dinyatakan PDP dan harus pulang karena rumah sakit penuh. Dan setelah positif saya dituruk ke RS Menur, sementara istri dan anak tanpa gejala dikirim ke rumah sakit lapangan,"kenang warga tandes ini.

Dari pengalaman positif Covid-19 tersebut dan setelah mendapat penjelasan dari pihak PMI yang menawarkan donor plasma, iapun menyanggupi.

Halaman
123
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved