Breaking News:

Berita Mojokerto

Pintu Air Rolak Songo Siaga Kuning, Jalan Alternatif Mojokerto-Sidoarjo Ditutup untuk Roda 4

Pintu air Rolak Songo yang berada di Desa Lengkong, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto kini berstatus siaga kuning.

surya.co.id/mohammad romadoni
Kondisi jalan penghubung Mojokerto- Tarik Sidoarjo di atas pintu air Rolag Songo di Desa Lengkong, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto yang kini berstatus siaga kuning. 

SURYA.CO.ID, MOJOKERTO - Hujan intensitas tinggi di sejumlah wilayah hulu memicu debit air Sungai Brantas meningkat drastis.

Akibatnya, pintu air Rolak Songo yang berada di Desa Lengkong, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto kini berstatus siaga kuning.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan elevasi pintu air Rolak Songo terbagi menjadi tiga siaga yang diukur dari ketinggian air sungai yaitu Siaga Hijau : ≥1250 m3/dt. Siaga Kuning : ≥1400 m3/dt. Siaga Merah : ≥1600 m3/dt.

"Debit sungai Sungai Brantas di pintu air Rolak tengah kini siaga kuning yaitu elevasi 17.8 meter kecepatan 1332,61 m3/dt atau mili meter per detik," ungkapnya, Senin (15/2/2021).

Baca juga: Hujan Empat Jam Sebabkan Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Kabupaten Madiun

Baca juga: Tebak Judul Lagu Indonesian Idol 2021 Malam Ini, Senin 15 Februari Lengkap Link Live Streaming

Baca juga: Mantan Bupati Trenggalek Kolonel Purn Soedarso Meninggal Dunia, Dimakamkan di TMP

Menurut dia, sesuai SOP terkait status siaga kuning di Dam Rolak Songo tersebut maka akses jalan alternatif yang melewati di atas pintu air untuk sementara ditutup khusus bagi kendaraan roda empat.

"Jalan di pintu air Rolak Songo perbatasan Mojokerto - Tarik (Sidoarjo) untuk sementara ditutup mulai pukul 10.09 WIB khusunya untuk kendaraan roda 4 sesuai SOP kewaspadaan dan jalan dapat dilewati kendaraan roda 2," jelasnya.

Zaini menyebut jalan di pintu Rolak Songo akan kembali dibuka setelah berstatus normal siaga hijau yakni debit 1200 m3/s mili meter per detik.

"Seluruh pintu air di pintu air Rolak Songo dibuka total untuk mengurangi elevasi air Sungai Brantas," terangnya.

Tim BPBD Kabupaten Mojokerto berkoordinasi bersama Perum Jasa Tirta (PJT) dalam pengawasan debit air sungai Brantas khususnya di pintu air Rolak Songo tersebut.

Sebab, cuaca hujan intensitas tinggi berpotensi masih terjadi di wilayah hulu termasuk di Kabupaten Mojokerto pada Bulan Februari 2021.

Pihak PJT kini telah membuka seluruh pintu air Rolak Songo yang berstatus siaga kuning sebagai pengatur air sungai di Kali Porong.

"Kami berkoordinasi bersama pihak Perum Jasa Tirta I terkait update situasi dan kondiisi ketinggian debit air sungai Brantas di pintu air Rolak Songo," tandasnya.

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved