Breaking News:

Citizen Reporter

Jadilah Bintang di Tengah Pandemi

Tim Pendongeng Petugas Taman Bacaan Masyarakat Kecamatan Dukuh Pakis terus berinovasi agar kegiatan mendongeng secara virtual berlangsung menarik

Editor: Cak Sur
Istimewa
Tim Pendongeng Petugas Taman Bacaan Masyarakat Kecamatan Dukuh Pakis terus berinovasi agar kegiatan mendongeng secara virtual berlangsung menarik 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Hingga kini, jumlah pasien yang terinfeksi Covid-19 di Indonesia terus meningkat. Tentu hal ini menjadi kekhawatiran bagi masyarakat , terutama para orang tua.

Tim Pendongeng Petugas Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kecamatan Dukuh Pakis di bawah naungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya terus berinovasi agar kegiatan mendongeng secara virtual berlangsung menarik, mengundang antusiasme Sobat Pendongeng Cilik, tetap aktif, dan memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Even dongeng itu adalah Program Pengumpulan Poin Sahabat Dongeng. Mekanismenya dengan berdiskusi dongeng virtual melalui media WhatsApp group dan mengadakan kompetisi virtual mendongeng.

Program itu diikuti belasan peserta yang berusia 6-14 tahun dari berbagai TBM. Pengumpulan poin selama tiga bulan (November 2020-Januari 2021) melalui IG Live dan IG TV bibit mendongeng setiap bulan dan mengikuti game sesuai ketentuan.

Para pemenang mendapatkan bingkisan menarik dan dua bibit pemenang poin terbanyak mendapatkan hadiah study tour di salah satu stasiun radio serta berkunjung di Pasar Seni Pondok Mutiara Sidoarjo.

“Awalnya, kami pernah membuat acara webinar, namun karena ingin lebih menghidupkan WhatsApp grup Sahabat Dongeng Dukuh Pakis, kami mengajak mereka melalui game, kuis, dan tantangan dengan didampingi petugas pendongeng dan pendamping bibit untuk melatih kemampuan mendongeng," jelas Novi Astritasari, salah satu panitia.

Penutupan acara dan pengumuman pemenang pengumpulan poin melalui IG live dilakukan Kamis (4/2/2021). Shafira (TBM RW 3 Dukuh Pakis) dan Vionna (TBM RW 1 Pradah Kalikendal) menjadi pemenang dengan jawaban paling cepat dan tepat, sedangkan untuk kategori keaktifan diraih oleh Amirah (TBM Kelurahan Dukuh Kupang), Amelia, dan Nalani (TBM RW 5 Gunungsari) dengan mengikuti tiga sesi poin terbanyak.

Seminggu kemudian, Kamis (11/2/2021), Shafira dan Viona sebagai pemenang Poin Virtual Dongeng mendapatkan hadiah study tour. Keduanya gembira karena berhasil menjadi pemenang.

“Terima kasih kepada tim pendongeng petugas TBM yang sudah menjadi wadah untuk berkarya di tengah pandemi. Saya mempunyai kesempatan berkunjung ke stasiun radio,” ujar Shafira.

Pihak panitia berharap program ini bisa terus berlanjut. Tentu itu dikemas dengan tema dan konsep yang lebih menarik sehingga diharapkan tercipta bibit pendongeng yang berkualitas dan bisa dinikmati masyarakat. Itu sesuai dengan visi dan misi pendongeng Jadilah Bintang dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya.

Alvie Zulfiah
Pustakawan
alvie14.az@gmail.com

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved