Breaking News:

Berita Tuban

Tanam Pohon di Sungai Bengawan dan Kali Kening, PDI Perjuangan Tuban : Bagian Politik Ekologi

Ada yang berbeda dalam peringatan HUT Partai yang diperingati DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tuban.

surya.co.id/m sudarsono
Aksi tanam pohon yang dilakukan DPC PDI Perjuangan Tuban di Sungai Kalikening, Desa Selogabus, Kecamatan Parengan, Sabtu (13/2/2021). 

SURYA.CO.ID, TUBAN - Ada yang berbeda dalam peringatan HUT Partai yang diperingati DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tuban.

Di usia partai ke 48 sekaligus memperingati ulang tahun Ketua Umum Megawati Soekarnoputri ke 74, para kader banteng Tuban melakukan aksi tanam pohon.

Dengan seragam khas warna merah, anggota hingga pengurus partai menanam pohon di daerah aliran sungai Bengawan Solo dan Kali Kening, yang berada di Desa Selogabus, Kecamatan Parengan.

Sebanyak 4500 pohon berbagi jenis yang ditanam menjadi saksi sungai menuju jalan peradaban.

"Aksi tanam pohon merupakan kado untuk HUT partai ke 48 dan ultah Bu Mega ke 74," kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tuban, Andhi Hartanto, Sabtu (13/2/2021).

Pria yang juga sebagai Wakil Ketua DPRD Tuban itu menjelaskan, penanaman pohon ini merupakan bagian politik ekologi, sebagaimana hubungan manusia dengan makhluk hidup dan lingkungan.

Diharapkan, nantinya ribuan pohon yang ditanam bisa tumbuh dengan kuat, sehingga menjadi penyeimbang lingkungan dalam hal ini sungai.

"Ini merupakan ikhtiar politik di bidang lingkungan atau politik ekologi, sebagaimana arahan Ketua Umum," tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tuban, Tulus Setyo Utomo menambahkan, aksi tanam pohon ini merupakan cara untuk menjaga lingkungan sungai.

Anggota DPRD itu berharap jika kelak pohon sudah besar maka bisa mencegah terjadinya banjir, terlebih jika sungainya bersih.

"Jika sungai bersih dan pohon tumbuh besar maka bisa mencegah terjadinya banjir, ini yang diharapkan Bu Mega kepada para kadernya agar mencintai lingkungan," pungkasnya.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved