Breaking News:

Berita Banyuwangi

Peringati World Cancer Day, Banyuwangi Gelar Tes IVA Gratis

Dalam rangka peringatan Hari Kanker Sedunia, Banyuwangi menggelar pemeriksaan Inpeksi Visual Asam (IVA) gratis secara serentak.

SURYA.CO.ID/Haorrahman
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani meninjau kegiatan Tes IVA dan edukasi kanker di Puskesmas Parijatah Kulon, Kecamatan Srono, Kamis (11/2/2021). 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Dalam rangka peringatan World Cancer Day atau n Hari Kanker Sedunia, Banyuwangi menggelar pemeriksaan Inpeksi Visual Asam (IVA) serentak.

IVA Test adalah salah satu pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi dini kanker serviks pada wanita.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi, dr Widji Lestariono melalui Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2), dr Andriyani mengatakan, kegiatan IVA test gratis ini digelar serentak di 45 puskesmas di Kabupaten Banyuwangi.

“Kegiatan tes IVA ini sudah kami awali sejak jatuhnya Hari Kanker Sedunia pada 4 Februari 2021 lalu. Sebanyak 45 puskesmas se-Banyuwangi mulai serentak menggelar tes IVA secara serentak,” kata Andriyani, Jumat (12/2/2021).

Hari Kanker Sedunia diperingati setiap tanggal 4 Februari.

Andriyani menambahkan, dalam memperingati Hari Kanker Sedunia ini Dinas Kesehatan Banyuwangi juga melakukan perawatan paliatif pada penderita kanker.

“Kegiatan paliatif ini, kami berkunjung ke penderita kanker, kami motivasi mereka agar semangatnya tidak down dan terus survive,” ungkapnya.

Selain itu, Dinas Kesehatan bersama Komunitas Osing Pink juga menggelar edukasi kepada masyarakat melalui media dan kegiatan di puskesmas seputar deteksi dini dan pengobatan penyakit kanker. Terutama kanker leher rahim dan kanker payudara pada kaum wanita.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, juga berkesempatan langsung meninjau kegiatan Tes IVA dan edukasi kanker di Puskesmas Parijatah Kulon, Kecamatan Srono, Kamis (11/2/2021) kemarin.

Ipuk berpesan kepada seluruh masyarakat khususnya kader Posyandu, kader PKK, dan tenaga medis untuk lebih gencar melakukan upaya preventif dan promotif kesehatan. Sebab, menurutnya dengan cara tersebut dinilai lebih efektif dalam upaya menekan jumlah penderita kanker dan penyakit degeneratif lainnya.

“Ke depan program-program berbasis preventif dan promotif harus lebih kita tingkatkan lagi,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Ipuk juga berkesempatan memberikan vitamin A dan obat cacing kepada balita yang rutin digelar serentak melalui Posyandu di setiap bulan Februari.

Selain itu, dia juga meninjau pelaksanaan penyuntikan vaksin Covid-19 dosis kedua kepada tenaga kesehatan.

“Saya berharap kader PKK, dasawisma, ibu rumah tangga, tenaga kesehatan dan seluruh relawan tetap diberi kesehatan. Mari kita berkolaborasi sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan warga di Kabupaten Banyuwangi,” harap Ipuk.

Penulis: Haorrahman
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved