Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Tinjau PPKM Mikro Gresik, Khofifah Harapkan Partisipasi Masyarakat Percepat Penurunan Kasus Covid-19

Gubernur Khofifah meninjau pelaksanaan PPKM Mikro di Desa Sukorejo, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik.

Humas Pemprov Jatim
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa meninjau pelaksanaan PPKM Mikro di Desa Sukorejo, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Rabu (10/2/2021) kemarin. 

SURYA.CO.ID, GRESIK - Untuk melihat efektifitas pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala Mikro di Jatim yang dimulai pada 9 Februari 2021, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meninjau pelaksanaan PPKM Mikro di Desa Sukorejo, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Rabu (10/2/2021) kemarin.

Didampingi Plt Sekda Kabupaten Gresik Abimanyu, Dirut RSUD dr Soetomo Djoni Wahyuadi, Kepala Bakorwil Bojonegoro Diah Wahyu Ermawati, Kadinkes Provinsi Jatim Herlin Ferliana dan Plt Kepala BPBD Jatim Yanuar, Gubernur Khofifah melihat secara dekat keterlibatan masyarakat dalam melaksanakan PPKM berskala Mikro yang ditempatkan di Balai Desa Sukorejo.

Gubernur Khofifah menyampaikan, bahwa kegiatan yang paling efektif untuk memutus penyebaran Covid-19 saat ini berada di lini paling bawah. Yaitu dengan melibatkan peran masyarakat di tingkat RT/RW.

"Menurut WHO, melibatkan partisipasi masyarakat di lini paling bawah secara lebih kuat akan lebih efektif," ungkap Gubernur Khofifah.

Menurutnya, PPKM Mikro yang mengedepankan partisipasi masyarakat harus lebih kuat untuk melandaikan, bahkan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Jawa Timur.

Partisipasi masyarakat yang kuat, perannya sangat strategis dalam cegah dini dan penanganan Covid-19.

PPKM Mikro seperti ini, lanjut Gubernur perempuan pertama di Jatim ini, basisnya dimulai dari lini terbawah atau RT. Kemudian berjenjang jika terjadi permasalahan di tingkat RT meningkat menjadi basis RW tetapi poskonya tetap di Desa. Sehingga, posko-posko PPKM Mikro berada di Kantor Desa.

"Posko berbasis desa ini memiliki tugas tidak hanya mendata dan melaporkan melainkan terdapat penanganan pencegahan dan pembinaan akan menyatu di masing masing desa," urainya.

Khofifah sapaan akrab Gubernur Jatim menyebut, pelaksanaan PPKM Mikro yang digaungkan oleh Presiden Joko Widodo telah diinisiasi sebelumnya di Jatim dengan melaksanakan Kampung Tangguh Semeru.

Kampung Tangguh Semeru di Jatim sebenarnya merupakan embrio dari PPKM Mikro.

Halaman
12
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved