Breaking News:

Berita Sidoarjo

PPKM Mikro di Kabupaten Sidoarjo Mirip Kampung Tangguh

Kondisinya seperti kampung tangguh yang pernah diterapkan di sejumlah wilayah Kota Delta beberapa waktu lalu.

surya.co.id/m taufik
Para pejabat Sidoarjo saat meninjau penerapan PPKM Mikro di Bluru Kidul, Rabu (10/2/2021) 

SURYA.CO.ID, SIDOARJO - Penerapan PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) skala mikro sudah berjalan di beberapa permukiman penduduk di Kabupaten Sidoarjo.

Kondisinya seperti kampung tangguh yang pernah diterapkan di sejumlah wilayah Kota Delta beberapa waktu lalu.

Seperti PPKM Mikro yang diterapkan di Bluru Kidul. Di sana terdapat posko keamanan yang berfungsi untuk mengawasi warga keluar masuk.

Semua dicek sesuai protokol kesehatan. Seperti penyemprotan disinfektan, pengukuran suhu tubuh, memakai masker, mencuci tangan, dan sebagainya.

Di dalam posko juga disiapkan perlengkapan seperti baju hazmat, masker bedah, masker N95, masker KN 95, handscoon, kacamata goggles, hand sanitizer, dan sepatu boot. Termasuk rapid antigen untuk warga yang tinggal di kawasan PPKM mikro.

Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan Bantu Korban Banjir Kepulungan Cetak KTP dan KK yang Hilang

Selama Januari 2021, Ada 408 Kasus Penyakit Demam Berdarah Dengue di Jatim

"Jika ada warga datang dari luar wilayah harus terlebih dahulu dilakukan rapid test, dan wajib mentaati semua aturan yang ada. Khususnya terkait prokes," kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji di sela meninjau kompleks perumahan tersebut, Rabu (10/2/2021).

Fasilitas lain yang menunjukkan penerapan PPKM Mikro ini mirip kampung tangguh adalah keberadaan lumbung pangan, ada pos kesehatan, dan adanya rumah isolasi bagi warga.

"Ya, kegiatannya tidak jauh beda dengan kampung tangguh sebelumnya. Karena di Sidoarjo sudah ada kampung tangguh jadi pelaksanaannya lebih mudah. Intinya bahwa penggerak dari PPKM Mikro adalah ketua kampung tangguh dan ketua PPKM Mikro bersama warganya," lanjut Sumardji.

Menurutnya, kompleks perumahan di Desa Bluru Kidul tersebut ditetapkan sebagai kawasan PPKM Mikro karena masuk kategori zona merah.

Berdasarkan hasil Swab terakhir mulai tanggal 5 sampai 8 Februari ada 13 warga dalam satu RT di Desa Bluru Kidul terkonfirmasi Covid-19.

Halaman
123
Penulis: M Taufik
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved