Breaking News:

Berita Jember

Saat Donasi Pakaian Bekas untuk Korban Banjir di Jember Malah Menjadi Masalah Baru

Banjir bandang akibat luapan Sungai Bedadung pada 29 Januari 2021, rupanya menimbulkan masalah baru

SURYA.CO.ID/Sri Wahyunik
Tumpukan baju donasi bagi warga terdampak banjir Sungai Bedadung, Jember, yang tidak terpakai dan dikirimkan ke Bank Klambi Sobung Sarka. Terlihat Cak Oyong, dari bank klambi tersebut menyortasi baju yang masih layak atau tidak, Selasa (9/2/2021). 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Banjir bandang akibat luapan Sungai Bedadung pada 29 Januari 2021, rupanya menimbulkan masalah efek samping. Satu di antaranya adalah menumpuknya 'sampah' baju.

Ya, donasi pakaian layak pakai dari warga kini menimbulkan persoalan baru. Sebab, pakaian tersebut menumpuk, sementara warga terdampak banjir sudah tidak lagi membutuhkan bantuan pakaian lagi.

Fenomena seperti ini kerap terjadi di beberapa daerah dilanda bencana. Fenomena tersebut juga terjadi saat banjir bandang Sungai Bedadung dua pekan lalu.

Ketika banjir melanda, sampai maksimal dua hari, warga memang membutuhkan pakaian layak pakai. Karena ketika banjir menerjang, Jumat (29/1/2021) malam, telah menghanyutkan pakaian atau membuat basah seluruh barang termasuk pakaian di rumah warga terdampak.

Dari pengamatan SURYA.CO.ID, warga membutuhkan uluran tangan dalam bentuk pakaian layak pakai hingga Minggu (31/1/2021). Setelahnya, pakaian bukan menjadi barang utama yang dibutuhkan warga.

Namun, bantuan yang berdatangan, masih ada dalam bentuk pakaian. Walhasil, di sejumlah posko penanganan banjir Sungai Bedadung, pakaian tersebut menumpuk.

Seperti yang terjadi di Kantor Kelurahan Kepatihan Kecamatan Kaliwates, maupun di posko kecil yang berdekatan dengan lingkungan terdampak.

Pakaian yang terlanjur sudah masuk ke posko penanganan banjir, tidak mungkin ditolak. Di sisi lain, kebutuhan warga akan pakaian sudah tercukupi. Di sisi lain pula, tidak mungkin pakaian itu dibuang.

Bank Klambi Sobung Sarka yang akhirnya ketiban puluhan bungkus pakaian hasil sumbangan warga tersebut. Sejak pekan lalu, pakaian hasil donasi itu diambil dari posko penanganan banjir, atau juga ada warga yang mengirimkannya ke bank klambi.

Bank Klambi Sobung Sarka yang berada di Jl Letjen S Parman mau tidak mau menampung limpahan baju tersebut.

Halaman
123
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved