Breaking News:

Berita Tuban

Razia PPKM Tuban, Petugas Gabungan Temukan Ratusan Pelanggar Protokol Kesehatan

Petugas gabungan dii Tuban terus melakukan razia protokol kesehatan (prokes) penerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Penulis: M. Sudarsono | Editor: irwan sy
Polres Tuban
Petugas gabungan saat razia penerapan PPKM di Tuban, Sabtu (6/2/2021), malam. 

SURYA.co.id | TUBAN - Petugas gabungan dii Tuban terus melakukan razia protokol kesehatan (prokes) penerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

Razia dalam upaya memutus penyebar covid-19 ini melibatkan Satpol PP, TNI, Polri, Sabtu (6/2/2021), malam, menyasar fasilitas umum tempat berkerumun dan warung atau cafe. 

Alhasil, petugas mendapati ratusan orang tak patuh prokes. 

Bahkan, pemilik usaha diberikan sanksi administratif karena beberapa kali melanggar prokes selama penerapan PPKM, seperti membiarkan pengunjung tidak pakai masker. 

"Ada 8 pemilik usaha diberikan tindakan atau sanksi saat kegiatan ini, karena mengabaikan prokes," kata Kasat Sabhara Polres Tuban, AKP Chakim Amrullah. 

Perwira pertama itu menjelaskan, pemilik usaha memiliki tanggung jawab terhadap pengunjung, jika ada pengunjung yang tidak pakai masker maka diingatkan. 

Petugas juga memberikan sanksi kepada individu atau pengunjung warung karena tidak memakai masker. 

Ada 30 pengunjung yang kita tindak disanksi berupa membayar denda sebesar Rp 100 ribu.

"Ada 30 pelanggar prokes yang kita tindak karena tidak pakai masker," ujar Chakim sapaan akrabnya. 

Mantan Kapolsek Bancar itu menambahkan, petugas juga memberikan teguran secara lisan kepada 120 orang yang ketahuan masih berkerumun di tengah penerapan PPKM

Tak lupa memberikan imbauan kepada masyarakat, agar tetap mematuhi prokes sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19. 

"Mereka berikan teguran lisan, mereka memakai masker, tetapi masih berkerumun," pungkasnya. 

Sekadar diketahui, Tuban menjadi salah satu wilayah yang menerapkan PPKM di Jawa Timur mulai 26 Januari sampai 8 Februari 2021.

Pemkab Tuban memberlakukan pengetatan salah satunya terkait operasional usaha sampai pukul 21.00 WIB.

Jika kembali terjadi pelanggaran di tempat usaha yang sama, sanksi yang dijatuhkan bisa penutupan usaha atau pencabutan izin usaha sesuai dengan aturan yang berlaku.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved