Breaking News:

Sepeda untuk Presiden Bulgaria, Buatan Singgih, Asli Temanggung, Merk Spedagi

Satu sepeda pancal merk Spedagi produksi Temanggung Jawa Tengah kini dimiliki Presiden Bulgaria, Rumen Radev.

Editor: Suyanto
kompas.com
KARYA PUTRA TEMANGGUNG - Duta Besar Indonesia untuk Bulgaria, Iwan Bogananta (KIRI), menyerahkan cendera mata berupa sepeda bambu buatana Singgih S Kartono, warga Temanggung Jateng, kepada Advisor to the President for Youth and Sport Georgi Alexandrov pada Selasa (2/2/2021). Sepeda itu nantinya akan diberikan kepada Presiden Bulgaria, Rumen Radev.(KBRI SOFIA) 

SURYA.co.id I BULGARIA - Satu sepeda pancal merk Spedagi produksi Temanggung Jawa Tengah kini dimiliki Presiden Bulgaria, Rumen Radev.

Sepeda merupakan merupakan hadiah cendera mata dari Duta Besar Indonesia untuk Bulgaria, Iwan Bogananta. Sepeda hadiah khas Tumenggung itu diserahkan pada Selasa (2/2/2021).

Sepeda pancal itu sangat unik, terbuat dari bambu pilihan, dan hanya diproduksi perajin Temanggung. Berdasarkan rilis dari Kedubes RI untuk Bulgaria, sepeda bambu tersebut merupakan buatan perajin bernama Singgih S Kartono. Singgih memiliki tempat pembuatan sepeda bambu bernama Spedagi di wilayah Temanggung, Jawa tengah.

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat sepeda bambu tersebut sekitar dua bulan. Pemilihan bambu juga harus dicermati sehingga mampu menahan beban maksimal hingga 100 kilogram. Pada sepeda bambu tersebut terdapat bendera Bulgaria di bawah sadel dan bendera Indonesia di area bawah stang sepeda.

Sepeda tersebut diserahkan langsung kepada Advisor to the President for Youth and Sport, Georgi Alexandrov. Nantinya, sepeda itu akan diberikan kepada Presiden Bulgaria, Rumen Radev. Penyerahan cendera mata tersebut merupakan simbol persahabatan antara Indonesia dan Bulgaria.

Pemberian sepeda bambu itu sekaligus melambangkan persahabatan yang telah terjalin antara Indonesia dan Bulgaria selama 65 tahun. Iwan dilantik sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Republik Bulgaria merangkap Republik Albania dan Republik Makedonia Utara pada 26 Oktober 2020. Dia memulai tugasnya secara resmi di Bulgaria pada 19 Januari 2021.

Ketika dihubungi Kompas.com, Singgih mengaku senang karena sepeda bambu buatannya dijadikan sebagai cendera mata untuk Presiden Bulgaria. Singgih menambahkan, hasil sepeda buatannya tersebut menunjukkan bahwa kreasi anak desa bisa menjadi sesuatu yang unik dan bernilai tinggi. Selain itu, Singgih juga mendorong kreasi-kreasi anak bangsa lain untuk bisa dijadikan cendera mata atau dipromosikan supaya menembus pasar internasional.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved