Breaking News:

Berita Jombang

Ratusan Korban Banjir Jombang Butuh Alas Tempat Tidur dan Pakaian Kering di Pengungsian

Data terkini, sebanyak 1.287 kepala keluarga dengan estimasi jumlah penduduk sekitar 4.087 jiwa terdampak banjir di Desa Gondangmanis, Jombang.

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Mohammad Romadoni
Suasana warga berjubel di tempat pengungsian korban banjir di Balai Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang. 

SURYA.CO.ID, JOMBANG - Ratusan warga mengungsi di Balai Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, akibat terdampak banjir dari jebolnya tanggul Sungai Afvour.

Kepala Desa Gondangmanis, Lukman Hakim (34) mengatakan, berdasarkan data terkini sebanyak 1.287 kk (Kepala Keluarga) dengan estimasi jumlah penduduk sekitar 4.087 jiwa terdampak banjir di Desa Gondangmanis. Ada empat dusun di Desa Gondangmanis yaitu, Dusun Kandangan, Manisrenggo, Prayungan dan Gondanglegi.

"Jumlah pengungsi sekitar 500 orang dan sebagian dari mereka sudah mengungsi ke rumah saudaranya," ungkapnya di Balai Desa Gondangmanis, Sabtu (6/2/2021).

Lukman menjelaskan, posko bencana banjir maupun pengungsian berpusat di Balai Desa Gondangmanis.

Pengungsi juga menempati Gedung Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan TK yang lokasinya saling berdekatan dari kantor desa setempat.

"Ada delapan titik pengungsian yang letaknya saling berdekatan dari kantor desa," jelasnya.

Menurut dia, kondisi banjir kini menunjukkan proggres sedikit surut namun masih merendam di sejumlah kawasan di Dusun Manisrenggo, Dusun Kandangan dan Dusun Prayungan.

"Ketinggian banjir di Dusun Prayungan dan Dusun Manisrenggo masih cukup tinggi, yaitu sekitar satu meter," terangnya.

Ketersediaan bahan makanan di posko bencana banjir masih mencukupi. Bahkan, jelas Lukman, sampai kini bantuan dari pemerintah daerah maupun lembaga dan masyarakat umum terus berdatangan di posko bencana banjir.

"Dapur Umum (DU) sudah ada yang berpusat di Kantor Kecamatan Bandar Kedungmulyo yang nantinya didistribusikan bagi korban banjir," ucap Lukman.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved