Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Gubernur Khofifah: Perbaikan Tanggul Kali Konto Jombang Ditarget Selesai 3 Hari

Gubernur Khofifah melakukan peninjauan ke Tanggul Kontogude yang jebol di Desa Bugasur Kedaleman Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang.

SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melakukan peninjauan ke Tanggul Kontogude atau Rolag 70 yang jebol di Desa Bugasur Kedaleman Kecamatan Gudo, Sabtu (6/2/2021) sore. 

SURYA.CO.ID, JOMBANG - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melakukan peninjauan ke Tanggul Kontogude atau Rolag 70 yang jebol di Desa Bugasur Kedaleman Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang pada Sabtu (6/2/2021) sore.

Peninjauan tersebut dilakukan terkait penyebab banjir yang merendam empat desa di Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang.

Di tanggul tersebut, menganga tanggul jebol sepanjang 15 hingga 20 meter yang menyebabkan aliran Sungai Konto meluber ke jalan nasional di Kecamatan Bandar Kedungmulyo.

Saat ini, dua buah eskavator telah beroperasi di sana untuk mengambil materi sampah di badan sungai dan juga melakukan pembangunan tanggul penahan sementara.

Yang dilakukan dengan menumpuk sandbag, biobag dan juga nantinya akan ditambah dengan besek. Ssaat ini sedang dilakukan penasangan penahan menggunakan balok-balok kayu sebagai pengganti pile.

Gubernur Khofifah mengatakan, bahwa diperkirakan proses tanggap darurat pemasangan pile ini bisa rampung dalam dua tiga hari.

Peyangga tersebut diproyeksi bisa menahan aliran air hingga 80 persen, hingga tidak meluber berlebihan ke pemukiman warga dan juga jalan raya

"Saat ini kamia sedang siapkan penyangga. Airnya mengalir ke sawah, jalan dan pemukiman karena tanggulnya jebol hingga jalir airnya ini terbuka. Nah sekarang kami sedang lakukan pemasangan tiang pancang dengan kayu. Dua tiga hari kalau sudah ada pengaman ini maka 80 persen arus air tidak akan meluber ke sawah dan jalan," kata Khofifah.

Lebih lanjut ia menyebutkan, bahwa langkah jangka panjang juga akan diambil sebagai upaya perbaikan infrastruktur jangka panjang. Namun, perbaikannya nanti akan melibatkan dengan Kementerian PU PR.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala BBWS Brantas, M Rizal. Ia mengatakan, seharusnya pemasangan pile untuk penahan tanggul dilakukan dengan menggunakan pile beton.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved