Breaking News:

Berita Jombang

Banjir Akibat Tanggul Jebol di Kabupaten Jombang Belum Surut, Ketinggian Mencapai 1 Meter

Pantauan di lapangan, Dusun Prayungan Desa Gondangmanis merupakan kawasan paling parah terdampak banjir tersebut.

surya.co.id/mohammad romadoni
Ketinggian banjir lebih dari satu meter merendam permukiman warga di Dusun Prayungan, Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, Sabtu (6/2/2021). 

SURYA.CO.ID, JOMBANG - Ratusan rumah penduduk terdampak banjir di Desa Gondangmanis dan Desa Bandar Kedungmulyo, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang.

Warga terpaksa mengungsi akibat rumahnya terendam banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Afvour Besuk dan Sungai Afvour Brawijaya yang telah berlangsung selama tiga hari terakhir.

Pantauan di lapangan, Dusun Prayungan Desa Gondangmanis merupakan kawasan paling parah terdampak banjir tersebut.

Ketinggian banjir di Dusun Prayungan yang berada tidak jauh dari Balai Desa Gondangmanis tersebut bervariasi yaitu lebih dari satu meter di jalan poros desa. Sedangkan, ketinggian air banjir di dalam rumah warga sekitar 60 sentimeter sampai satu meter yang hingga kini belum surut.

Nikmah (28) warga Dusun Prayungan, mengatakan banjir mulai merendam permukiman warga termasuk rumahnya pada Jumat (5/2/2021) siang pukul 12.00 WIB. Ketinggian air banjir justru semakin meningkat pada malam harinya sehingga keluarganya terpaksa meninggalkan rumah untuk mengungsi ke tempat aman.

"Seluruh keluarga mengungsi ke Balai Desa Gondangmanis untuk sementara kemudian pindah ke rumah saudara di Dusun Gondanglegi yang tidak terkena banjir," terangnya di lokasi banjir," Sabtu (6/2/2021).

Menurut dia, banjir di kampungnya sudah terjadi sejak dulu apalagi ketika musim hujan namun tidak sampai parah seperti ini.

Banjir masih belum surut bahkan sekarang ketinggian air masih mencapai sekitar 1 meter.

"Dulu pernah banjir tapi tahun ini adalah banjir yang paling parah," jelasnya.

Sebagian warga masih beraktivitas di lokasi banjir untuk memastikan kondisi keamanan rumahnya. Mereka juga tampak membersihkan rumahnya dari sampah yang terbawa air banjir.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved