Breaking News:

Tips Cegah Mata Minus pada Anak di Masa Pandemi, Cara Mudah dari Ahli Amerika, David Epley

Selama masa pandemi Covid-19, anak - anak lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dengan gawai, baik belajar maupun nge-game.

Shutterstock
ILUSTRASI 

SURYA.co.id I Selama masa pandemi Covid-19, anak - anak lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dengan gawai, baik belajar maupun nge-game.

Anak-anak sehari-hari banyak nongkrong di depan layar gawai seperti handphone (HP), televisi, tablet, komputer dll. atau berkutat dengan buku seharian.

Padahal, paparan gawai berlebihan dan berkutat dengan buku seharian rentan mengganggu kesehatan mata anak.

Dokter spesialis mata anak Children's Hospital of Philadelphia AS, Ayesha Malik, OD menjelaskan, terlalu banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan bisa memicu mata minus atau rabun jauh pada anak.

Miopia atau mata minus adalah gangguan penglihatan pemicu mata seseorang tidak jelas saat melihat objek yang letaknya jauh. Menurut Malik, saat berada di dalam ruangan, sebagian anak-anak cenderung menghabiskan waktu untuk memandang layar HP atau televisi. "Paparan sinar matahari alami penting untuk kesehatan mata," jelas Malik.

Menurut ahli, anak-anak yang masa kanak-kanaknya cukup paparan sinar matahari dan sering beraktivitas di luar rumah, peluangnya mengalami mata minus jadi lebih rendah.

Tips Cegah Mata Minus

Ahli dari American Academy of Ophthalmology, David Epley, MD. membagikan cara mencegah mata minus saat anak belajar dari rumah:

1. Istirahatkan mata anak setiap 20 menit beraktivitas dengan gawai, melihat televisi, maupun mengerjakan tugas sekolah. Bila perlu, atur timer khusus sebagai pengingat.

2. Agar mata anak tak gampang lelah, variasikan belajar tak hanya menatap layar komputer, gawai, atau televisi, tapi juga melihat buku. Setelah menyelesaikan satu tugas, arahkan anak melihat ke luar jendela rumah selama 20 detik.

3.. Hindari menggunakan komputer atau gawai di ruangan yang sangat terang.
Kondisi ruangan yang terlalu silau cahaya juga dapat membuat mata jadi gampang tegang. Selalu atur tingkat kecerahan dan kontras pada layar HP, komputer, atau televisi di rumah.

4. Ketika menatap layar HP, tablet, atau komputer dari jarak dekar, usahakan jaraknya antara 40 centimeter sampai 60 centimeter.
5. Ingatkan anak untuk berkedip secara berkala saat menatap layar HP, televisi, komputer, atau membaca buku.
5. Jika sudah merasa lelah, arahkan untuk istirahat sejenak.

Kebiasaan sederhana di atas apabila dikerjakan dengan konsisten dapat melindungi anak dari mata minus dan gangguan mata lainnya.

Editor: Suyanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved